Hukum Ikamah oleh Selain Muazin dan Hukum Mendahulukan Membaca Ayat Kursi Sebelum Zikir-Zikir Setelah Salat

ismail  

حكم إقامة غير المؤذن وتقديم آية الكرسي على أذكار الصلاة

Syekh ‘Abdul ‘Aziz bin ‘Abdullah bin Baz (wafat tahun 1420 H) rahimahullah

السؤال:

Pertanyaan:

يوجد عندنا من يقول: الذي يؤذن هو الذي يقيم الصلاة، وتوجد عندنا ظاهرة قراءة آية الكرسي قبل التسبيح الذي بعد الصلاة، ما رأيكم في هذا أفتونا؟
جزاكم الله خيرًا.

Di tempat kami, ada yang berpendapat: orang yang mengumandangkan ikamah adalah orang yang tadinya mengumandangkan azan. Di tempat kami juga ada yang mendahulukan membaca ayat kursi sebelum membaca tasbih setelah salat. Apa pendapat Anda dalam masalah ini? Berilah fatwa kepada kami. Semoga Allah membalas Anda dengan kebaikan.

الجواب:

Jawaban:

الأفضل أنه يتولى الإقامة من يتولى الأذان، هذا هو الأفضل، ولو أقام غيره فلا حرج، لو أقام غيره فلا حرج، ولكن الأفضل هو أن المؤذن هو الذي يقيم، كما كان بلال يؤذن ويقيم لكن لو أقام غيره بأن شغل المؤذن، أو سمح بأن يقيم غيره، فلا بأس بذلك.

Yang afdal adalah orang yang bertugas ikamah adalah orang yang juga bertugas azan. Ini yang afdal. Namun jika orang lain yang mengumandangkan ikamah, tidak mengapa.

Akan tetapi yang afdal, muazin sama dengan orang yang mengumandangkan ikamah sebagaimana dahulu Bilal mengumandangkan azan dan ikamah. Tetapi kalau orang lain yang mengumandangkan ikamah karena muazin sedang repot atau muazin mempersilakan orang lain yang mengumandangkan ikamah, hal itu tidak mengapa.

وكذلك ظاهرة قراءة آية الكرسي قبل التسبيح لا حرج في ذلك، الرسول ﷺ ندب إلى قراءة آية الكرسي بعد الصلاة، فإن قرأها قبل الذكر فلا بأس، لكن الأفضل أن تكون بعد الذكر؛ لأن الرسول ﷺ كان يذكر الله بعد السلام، فالأفضل أن يبدأ بالذكر ثم يأتي بها سرًّا بعد الأذكار، هذا هو الأفضل.

Begitu pula mendahulukan bacaan ayat kursi sebelum tasbih. Hal ini tidak mengapa. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam menganjurkan membaca ayat kursi setelah salat.

Jika dia membacanya sebelum zikir, tidak mengapa. Tetapi yang afdal dilakukan setelah zikir karena Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam dahulu biasa berzikir kepada Allah setelah salam. Jadi yang afdal adalah dia mulai dengan zikir kemudian membaca ayat kursi dengan pelan setelah zikir. Inilah yang afdal.

المقدم: جزاكم الله خيرًا، وإن كانت قراءة آية الكرسي جماعية سماحة الشيخ؟

Pembawa acara: Semoga Allah membalas Anda dengan kebaikan. Apakah tetap boleh jika membaca ayat kursi dilakukan secara berjemaah wahai syekh yang mulia?

الشيخ: لا، يقرأها سرًا بينه وبين نفسه لا جماعية، يقرأها الإنسان بعد السلام، وبعد الذكر سرًا بينه وبين نفسه، ولا يقرأها جماعية مع الناس، نعم.

Syekh: Jangan! Dia membacanya dengan suara pelan yang hanya didengar oleh dirinya sendiri. Jangan dilakukan bersama-sama. Seseorang hendaknya membacanya setelah salam dan setelah zikir dengan lirih hanya bisa didengar oleh dirinya. Jangan membacanya serentak bersamaan dengan yang lain.

المقدم: بارك الله فيكم، أعتقد أن أخانا يسأل عن كونها مقروءة جماعة؟

Pembawa acara: Semoga Allah memberkahi Anda. Aku yakin bahwa saudara kita ini bertanya tentang caranya dibaca secara berjemaah.

الشيخ: لا، جماعية لا تصلح، بدعة لا يجوز قراءتها جماعية، ولكن تقرأ بينه وبين نفسه بعد الأذكار الشرعية، هذا هو الأفضل.

Syekh: Jangan. Tidak boleh secara berjemaah. Cara membacanya secara berjemaah adalah bidah. Tidak boleh. Tetapi yang benar adalah dia membacanya dengan suara yang terdengar oleh dirinya setelah zikir-zikir yang disyariatkan. Inilah yang afdal.

المقدم: كل مصل يقرؤها بينه وبين نفسه.

Pembawa acara: Masing-masing orang yang salat membacanya dengan suara yang terdengar oleh dirinya.

الشيخ: بعدما يفرغ من الأذكار، نعم، وهكذا قراءة قُلْ هُوَ اللَّهُ أَحَدٌ [الإخلاص: 1] والمعوذتين يقرأها بينه وبين نفسه بعد كل صلاة، وبعد الفجر ثلاثًا، وبعد المغرب ثلاثًا، قُلْ هُوَ اللَّهُ أَحَدٌ [الإخلاص: 1] والمعوذتين ثلاثًا بعد المغرب، ثلاثًا بعد الفجر، أما بعد الظهر والعصر والعشاء فمرة واحدة بينه وبين نفسه، نعم.

Syekh: Betul. Dilakukan serampung dari zikir-zikir. Begitu pula bacaan surah Al-Ikhlash, Al-Falaq, dan An-Nas dibaca dengan suara lirih yang terdengar oleh dirinya setiap setelah salat. Setelah salat Subuh dan Magrib, ketiga surah tersebut dibaca tiga kali. Adapun setelah salat Zuhur, Asar, dan Isya, dibaca sekali dengan suara lirih yang terdengar oleh dirinya.

المقدم: نفع الله بكم.

Semoga Allah memberi manfaat melalui Anda.

Sumber: https://binbaz.org.sa/fatwas/17933/%D8%AD%D9%83%D9%85-%D8%A7%D9%82%D8%A7%D9%85%D8%A9-%D8%BA%D9%8A%D8%B1-%D8%A7%D9%84%D9%85%D9%88%D8%B0%D9%86-%D9%88%D8%AA%D9%82%D8%AF%D9%8A%D9%85-%D8%A7%D9%8A%D8%A9-%D8%A7%D9%84%D9%83%D8%B1%D8%B3%D9%8A-%D8%B9%D9%84%D9%89-%D8%A7%D8%B0%D9%83%D8%A7%D8%B1-%D8%A7%D9%84%D8%B5%D9%84%D8%A7%D8%A9

Be the first to leave a comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *