Taisirul ‘Allam – Hadis ke-180

ismail  

الۡحَدِيثُ الثَّمَانُونَ بَعۡدَ الۡمِائَةِ

✍️ ‘Abdullah bin ‘Abdurrahman bin Shalih Al Bassam (wafat 1423 H) rahimahullah

١٨٠ – عَنۡ أَبِي هُرَيۡرَةَ رَضِيَ اللهُ عَنۡهُ قَالَ: بَيۡنَمَا نَحۡنُ جُلُوسٌ عِنۡدَ النَّبِيِّ ﷺ إِذۡ جَاءَهُ رَجُلٌ فَقَالَ: يَا رَسُولَ اللهِ، هَلَكۡتُ. فَقَالَ: (مَا أَهۡلَكَكَ؟) أَوۡ مَالَكَ؟.

قَالَ: وَقَعۡتُ عَلىَ امۡرَأۡتِي، وَأَنَا صَائِمٌ (وَفِي رِوَايَةٍ: أَصَبۡتُ أَهۡلِي في رَمَضَانَ).

فَقَالَ رَسُولُ اللهِ ﷺ: (هَلۡ تَجِدُ رَقَبَةً تُعۡتِقُهَا؟) قَالَ: لَا.

قَالَ: (فَهَلۡ تَسۡتَطِيعُ أَنۡ تَصُومَ شَهۡرَيۡنِ مُتَتَابِعَيۡنِ؟) قَالَ: لَا.

قَالَ: (فَهَلۡ تَجِدُ إِطۡعَامَ سِتِّينَ مِسۡكِينًا؟) قَالَ: لَا.

قَالَ: فَسَكَتَ النَّبِيُّ ﷺ.

فَبَيۡنَمَا نَحۡنُ عَلَى ذٰلِكَ إِذۡ أُتِيَ النَّبِيُّ ﷺ بِعَرَقٍ فِيهِ تَمۡرٌ) وَالۡعَرَقُ: الۡمَكۡتَلُ.

قَالَ: (أَيۡنَ السَّائِلُ؟) قَالَ: أَنَا. قَالَ: (خُذۡ هَٰذَا فَتَصَدَّقۡ بِهِ) فَقَالَ: أَعَلَى أَفۡقَرَ مِنِّي يَا رَسُولَ اللهِ؟ فَوَاللهِ مَا بَيۡنَ لَابَتَيۡهَا (يُرِيدُ الۡحَرَّتَيۡنِ) أَهۡلُ بَيۡتٍ أَفۡقَرُ مِنۡ أَهۡلِ بَيۡتِي.

فَضَحِكَ النَّبِيُّ ﷺ حَتَّى بَدَتۡ أَنۡيَابُهُ، ثُمَّ قَالَ: (أَطۡعِمۡهُ أهۡلَكَ). الۡحَرَّةُ: الۡأرۡضُ،تَرۡكَبُهَا حِجَارَةٌ سُودٌ.

180. Dari Abu Hurairah—radhiyallahu ‘anhu—. Beliau mengatakan:

Ketika kami tengah duduk di sisi Nabi—shallallahu ‘alaihi wa sallam—, tiba-tiba seseorang datang menemui beliau seraya mengatakan, “Wahai Rasulullah, aku celaka.”

Beliau bertanya, “Apa yang membuatmu celaka?” atau “Ada apa denganmu?”

Orang itu menjawab, “Aku berhubungan dengan istriku padahal aku puasa.” Di dalam riwayat lain, “Aku menggauli istriku di (siang hari) bulan Ramadan.”

Rasulullah—shallallahu ‘alaihi wa sallam—bertanya, “Apakah engkau punya seorang budak wanita yang bisa engkau merdekakan?”

Orang itu menjawab, “Tidak.”

Beliau bertanya, “Apakah engkau mampu untuk berpuasa dua bulan berturut-turut?”

Orang itu menjawab, “Tidak.”

Beliau bertanya, “Lalu apakah engkau bisa memberi makan enam puluh orang miskin?”

Orang itu kembali menjawab, “Tidak.”

Abu Hurairah mengatakan:

Nabi—shallallahu ‘alaihi wa sallam—terdiam. Ketika kami tengah dalam keadaan itu, didatangkan kepada Nabi—shallallahu ‘alaihi wa sallam—satu ‘araq berisi kurma. ‘Araq adalah keranjang.

Beliau bertanya, “Di mana orang yang bertanya tadi?”

Orang itu menyahut, “Saya.”

Beliau bersabda, “Ambillah ini lalu bersedekahlah dengannya!”

Orang itu bertanya, “Apakah kepada orang yang lebih fakir daripada aku, wahai Rasulullah? Demi Allah, di antara dua tanah berbatu ini, tidak ada keluarga yang lebih fakir daripada keluargaku.”

Nabi—shallallahu ‘alaihi wa sallam—tertawa sampai terlihat gigi-gigi taring beliau lalu bersabda, “Berilah makan keluargamu dengan ini!”[1]

Al-Ḥarrah adalah tanah yang di atasnya ada bebatuan hitam.

الۡغَرِيبُ:

بَيۡنَمَا: ظَرۡفُ زَمَانٍ يَغۡلِبُ أَنۡ يُضَافَ إِلَى جُمۡلَةٍ اسۡمِيَّةٍ.

بِعَرَقٍ: (الۡعَرَقُ) بِفَتۡحَتَيۡنِ: هُوَ الزَّنۡبِيلُ، يُعۡمَلُ مِنۡ سَعَفِ النَّخۡلِ، وَقدروها -هُنَا- بِمَا يَسَعُ خَمۡسَةَ عَشَرَ صَاعًا.

اللَّابَةُ: هِيَ الۡحَرَّةُ: وَهِيَ الۡأَرۡضُ الَّتِي تعلوها حِجَارَةٌ سُودٌ.

وَالۡمَدِينَةُ النَّبَوِيَّةُ بَيۡنَ حَرَّتَيۡنِ، شَرۡقِيَّةً وَغَرۡبِيَّةً.

الۡمِكۡتَلُ: الۡقُفَّةُ مِنَ الۡخُوصِ وَهِيَ قَفۡصٌ مِنۡ وَرَقِ النَّخۡلِ.

Kosakata asing:

Bainamā adalah kata keterangan waktu yang seringnya dikaitkan ke jumlah ismiyyah (kalimat ismiah).

Bi ‘araq: al-‘araq dengan dua harakat fatah artinya keranjang besar yang terbuat dari pelepah pohon kurma. Dalam hadis ini ukurannya bisa memuat lima belas sha’.

Lābah adalah al-ḥarrah artinya tanah yang ada batu-batu hitam di atasnya. Kota Madinah berada di antara dua ḥarrah, di arah timur dan barat.

Miktal artinya keranjang dari al-khush yaitu anyaman daun-daun pohon kurma.

الۡمَعۡنَى الۡإِجۡمَالِي:

جَاءَ سَلَمَةُ بۡنُ صَخۡرٍ الۡبَيَاضِيُّ إِلَى النَّبِيِّ ﷺ خَائِفًا فَقَالَ: هَلَكۡتُ.

فَقَالَ لَهُ: مَا أَهۡلَكَكَ؟ قَالَ: إِنَّهُ وَقَعَ عَلَى امۡرَأَتِهِ وَهُوَ صَائِمٌ فِي نَهَارِ رَمَضَانَ فَلَمۡ يُعَنِّفۡهُ رَسُولُ اللهِ ﷺ. وَقَالَ: هَلۡ تَجِدُ رَقَبَةً تُعۡتِقُهَا كَفَّارَةً لِمَا وَقَعَ مِنۡكَ؟ قَالَ: لَا. قَالَ: فَهَلۡ تَسۡتَطِيعُ صِيَامَ شَهۡرَيۡنِ مُتَتَابِعَيۡنِ؟ قَالَ: لَا، وَهَلۡ أَصَابَنِي مَا أَصَابَنِي إِلَّا مِنۡ الصِّيَامِ، لِأَنَّ بِهِ شَبَقًا لَا يَقۡدِرُ مَعَهُ عَلَى تَرۡكِ الۡجِمَاعِ وَهُوَ نَوۡعُ مَرَضٍ.

قَالَ: فَهَلۡ تَجِدُ طَعَامَ سِتِّينَ مِسۡكِينًا، لِكُلِّ مِسۡكِينٍ مُدٌّ مِنۡ بُرٍّ أَوۡ غَيۡرِهِ؟

قَالَ: لَا.

فَسَكَتَ عَنۡهُ النَّبِيُّ ﷺ وَمَكَثَ، وَإِذَا بِأَحَدٍ مِنَ الصَّحَابَةِ -عَلَى عَادَتِهِمۡ- جَاءَ إِلَى النَّبِيِّ ﷺ بِزَنۡبِيلٍ مِنۡ تَمۡرٍ، يَسَعُ خَمۡسَةَ عَشَرَ صَاعًا لِيَتَصَدَّقَ بِهِ النَّبِيُّ ﷺ، فَقَالَ: أَيۡنَ السَّائِلُ؟ فَقَالَ: أَنَا.

فَقَالَ: خُذۡ هَٰذَا التَّمۡرَ فَتَصَدَّقۡ بِهِ لِيَكُونَ كَفَّارَةً عَلَى مَا اقۡتَرَفَتۡ مِنَ الۡإِثۡمِ.

فَمَا كَانَ مِنَ الرَّجُلِ الَّذِي جَاءَ خَائِفًا مَبۡهُوتًا- بَعۡدَ أَنۡ وَجَدَ عِنۡدَ رَسُولِ اللهِ الۡأَمۡنَ وَالطُّمَأۡنِينَةَ- إِلَّا أَنۡ طَمَعَ فِي فَضۡلِ اللهِ تَعَالَى، عَلَى يَدِ أَرۡحَمِ النَّاسِ بِالنَّاسِ، فَقَالَ: أَأَتَصَدَّقُ بِهِ عَلَى أَفۡقَرَ مِنِّي يَا رَسُولَ اللهِ؟

ثُمَّ أَقۡسَمَ أَنَّهُ لَيۡسَ فِي الۡمَدِينَةِ أَحَدٌ أَفۡقَرَ مِنۡهُ لِمَا يَرَاهُ مِنۡ شِدَّةِ الضَّيۡقِ عَلَيۡهِ.

عِنۡدَ ذٰلِكَ تَعَجَّبَ النَّبِيُّ ﷺ مِنۡ حَالِهِ، كَيۡفَ جَاءَ خَائِفًا يَلۡتَمِسُ السَّلَامَةَ فَرَجَعَ آمِنًا، مَعَهُ مَا يُطۡعِمُهُ أَهۡلَهُ، ثُمَّ أَذِنَ لَهُ بِإِنۡفَاقِهِ عَلَى أَهۡلِهِ.

فَصَلَوَاتُ اللهِ وَسَلَامُهُ عَلَيۡهِ.

Makna secara umum:

Salamah bin Shakhr Al-Bayadhi datang kepada Nabi—shallallahu ‘alaihi wa sallam—ketakutan, lalu berkata, “Aku binasa.”

Nabi bertanya kepadanya, “Apa yang membuatmu binasa?”

Salamah menceritakan bahwa dia menggauli istrinya padahal dia sedang berpuasa di siang hari bulan Ramadan. Rasulullah—shallallahu ‘alaihi wa sallam—tidak mencelanya. Rasulullah bertanya, “Apakah engkau mendapatkan seorang budak yang bisa engkau merdekakan sebagai kafarat dari pelanggaran yang kau lakukan?”

Salamah menjawab, “Tidak.”

Rasulullah bertanya, “Apakah engkau mampu puasa dua bulan berturut-turut?”

Salamah menjawab, “Tidak. Tidaklah yang menimpaku kecuali karena siam.” Yaitu karena beliau memiliki syahwat kuat sehingga tidak mampu untuk meninggalkan jimak. Ini merupakan satu jenis penyakit.

Rasulullah bertanya, “Apakah engkau mendapatkan makanan untuk enam puluh orang miskin? Setiap orang miskin mendapat satu mud gandum atau selainnya?”

Salamah menjawab, “Tidak.”

Nabi—shallallahu ‘alaihi wa sallam—tidak melanjutkan pembicaraan dengannya. Setelah beberapa waktu berlalu, salah seorang sahabat, sesuai kebiasaan mereka, datang kepada Nabi—shallallahu ‘alaihi wa sallam—membawa satu keranjang besar kurma sebanyak lima belas sha’ untuk disalurkan oleh Nabi—shallallahu ‘alaihi wa sallam—sebagai sedekah. Nabi bertanya, “Di mana penanya itu?”

Salamah menjawab, “Saya.”

Nabi berkata, “Ambillah kurma ini dan sedekahkanlah untuk menjadi kafarat dosa yang engkau lakukan!”

Lelaki yang tadinya datang dalam keadaan takut lagi bingung, setelah mendapati sikap tenang Rasulullah—shallallahu ‘alaihi wa sallam—, berubah keadaannya menjadi mengharapkan keutamaan dari Allah taala melalui perantara orang yang paling belas kasih kepada manusia. Salamah bertanya, “Apakah kurma ini kusedekahkan kepada orang yang lebih fakir daripada aku, wahai Rasulullah?”

Kemudian dia bersumpah bahwa tidak ada seorang pun di Madinah yang lebih fakir daripada dia saking sempitnya kehidupannya menurut penilaiannya.

Mengetahui hal itu, Nabi—shallallahu ‘alaihi wa sallam—takjub akan keadaan Salamah. Bagaimana tadinya dia datang dalam keadaan takut, mencari keselamatan, lalu dia kembali dalam keadaan tenang. Dia membawa makanan untuk keluarganya kemudian dia diizinkan untuk menafkahkannya kepada keluarganya.

Semoga Allah mencurahkan selawat dan salam kepada beliau.

اخۡتِلَافُ الۡعُلَمَاءِ:

يَرَى عَامَّةُ الۡعُلَمَاءِ، وُجُوبَ الۡكَفَّارَةِ عَلَى مَنۡ جَامَعَ مُتَعَمِّدًا.

وَاخۡتَلَفُوا فِي النَّاسِي، وَتَقَدَّمَ أَنَّ الصَّحِيحَ أَنَّهُ لَيۡسَ عَلَيۡهِ كَفَّارَةٌ.

وَاخۡتَلَفُوا: هَلۡ وُجُوبُ الۡكَفَّارَةِ عَلَى التَّخۡيِيرِ أَوِ التَّرۡتِيبِ؟

فَذَهَبَ مَالِكٌ، وَأَحۡمَدُ فِي إِحۡدَى الرِّوَايَتَيۡنِ عَنۡهُمَا: إِلَى أَنَّهَا عَلَى التَّخۡيِيرِ لِمَا فِي الصَّحِيحَيۡنِ عَنۡ أَبِي هُرَيۡرَةَ (أَنَّ رَجُلًا أَفۡطَرَ فِي رَمَضَانَ فَأَمَرَهُ النَّبِيُّ ﷺ أَنۡ يُكَفِّرَ بِعِتۡقِ رَقَبَةٍ، أَوۡ صِيَامِ شَهۡرَيۡنِ مُتَتَابِعَيۡنِ، أَوۡ إِطۡعَامِ سِتِّينَ مِسۡكِينًا) وَأَوۡجَبَ تَخۡيِيرَهُ.

وَذَهَبَ الۡجُمۡهُورُ مِنَ الۡعُلَمَاءِ، كَالشَّافِعِيِّ وَأَبِي حَنِيفَةَ، وَالۡمَشۡهُورُ مِنۡ مَذۡهَبِ أَحۡمَدَ، وَالثَّوۡرِيِّ وَالۡأَوۡزِاعِيِّ، إِلَى أَنَّهَا عَلَى التَّرۡتِيبِ، مُسۡتَدِلِّينَ بِحَدِيثِ الۡبَابِ وَجَعَلُوا حَدِيثَ التَّخۡيِيرِ مُجۡمَلًا، يُبَيِّنُهُ حَدِيثُ التَّرۡتِيبِ لِيَحۡصُلَ الۡعَمَلُ بِهِمَا جَمِيعًا.

وَلَوۡ أَخَذَ بِحَدِيثِ التَّخۡيِيرِ لَمۡ يُمۡكِنِ الۡعَمَلَ بِحَدِيثِ التَّرۡتِيبِ مَعَ أَنَّ كِلَيۡهِمَا صَحِيحٌ.

وَاخۡتَلَفُوا هَلۡ تَسۡقُطُ الۡكَفَّارَةُ مَعَ الۡعَجۡزِ عَنۡهَا، كَمَا هُوَ الۡمَشۡهُورُ مِنۡ مَذۡهَبِ الۡإِمَامِ أَحۡمَدَ، وَهُوَ أَحَدُ قَوۡلَيِ الشَّافِعِيِّ، لِأَنَّ النَّبِيَّ ﷺ رَخَّصَ لِلرَّجُلِ أَنۡ يُطۡعِمَ التَّمۡرَ أَهۡلَهُ. وَلَوۡ كَانَ كَفَّارَةً عَنۡهُ مَا جَازَ ذٰلِكَ.

وَذَهَبَ الۡجُمۡهُورُ إِلَى أَنَّهَا لَا تَسۡقُطُ بِالۡإِعۡسَارِ، لِأَنَّهُ لَيۡسَ فِي الۡحَدِيثِ مَا يَدُلُّ عَلَى ذٰلِكَ، بَلۡ ظَاهِرُهُ عَدَمُ سُقُوطِهَا لِأَنَّهُ لَمَّا سَأَلَهُ عَنۡ أَنۡزَلِ دَرَجَاتِ الۡكَفَّارَةِ -وَهِيَ الۡإِطۡعَامُ وَقَالَ: لَا أَجِدُ- سَكَتَ وَلَمۡ يُبَرِّئۡ ذِمَّتَهُ مِنۡهَا، وَالۡأَصۡلُ أَنَّهَا بَاقِيَةٌ وَقِيَاسًا لِهٰذِهِ الۡكَفَّارَةِ عَلَى سَائِرِ الۡكَفَّارَاتِ وَالدُّيُونِ، مِنۡ أَنَّهَا لَا تَسۡقُطُ بِالۡإِعۡسَارِ.

أَمَّا التَّرۡخِيصُ لَهُ فِي إِطۡعَامِهِ أَهۡلَهُ، فَقَدۡ قَالَ بَعۡضُ الۡعُلَمَاءِ: إِنَّ الۡمُكَفِّرَ إِذَا كَفَّرَ عَنۡهُ غَيۡرُهُ، جَازَ أَنۡ يَأۡكُلَ مِنۡهُ وَيُطۡعِمَ أَهۡلَهُ.

Perselisihan ulama:

Keumuman ulama berpendapat wajib kafarat bagi orang yang berjimak dalam keadaan sadar (sedang puasa Ramadan). Mereka berselisih pendapat tentang orang yang lupa. Telah disebutkan bahwa yang sahih adalah kafarat tidak wajib atasnya.

Mereka juga berselisih pendapat apakah wajibnya kafarat sesuai pilihan atau sesuai urutan?

Imam Malik dan Ahmad berpendapat dalam salah satu dari dua riwayat dari mereka berdua bahwa kafarat sesuai pilihan, berdasarkan hadis dalam dua kitab Shahih dari Abu Hurairah: Ada seseorang yang batal puasa Ramadan, lalu Nabi—shallallahu ‘alaihi wa sallam—memerintahkannya untuk membayar kafarat dengan memerdekakan seorang budak atau puasa dua bulan berturut-turut atau memberi makan enam puluh orang miskin. Beliau mewajibkan untuk memilih.

Jumhur ulama seperti Asy-Syafi’i, Abu Hanifah, yang dikenal dari mazhab Ahmad, Ats-Tsauri, dan Al-Auza’i berpendapat ketentuan kafarat adalah sesuai urutan. Mereka berdalil dengan hadis dalam bab ini. Mereka menganggap hadis pemberian pilihan adalah hadis yang mujmal (umum) yang dirinci oleh hadis urutan kafarat sehingga dengan demikian dapat mengamalkan dua hadis tersebut sekaligus. Andai hanya mengambil hadis pemberian pilihan kafarat, tidak mungkin bisa mengamalkan hadis urutan kafarat. Padahal keduanya sahih.

Mereka juga berselisih apakah kafarat gugur karena tidak mampu mengerjakannya, sebagaimana ini adalah pendapat yang masyhur dari mazhab Imam Ahmad dan salah satu dari dua pendapat Asy-Syafi’i. Alasannya karena Nabi—shallallahu ‘alaihi wa sallam—memberi rukhsah kepada lelaki itu untuk memberi kurma untuk makan keluarganya. Kalau kurma itu merupakan kafarat, tentu yang demikian itu tidak boleh.

Sedangkan jumhur ulama berpendapat bahwa kafarat tidak gugur dengan alasan kesulitan karena dalam hadis ini tidak ada yang menunjukkan pendapat itu. Bahkan makna lahir dari hadis ini adalah kafarat tidak gugur, karena ketika Nabi menanyainya tentang tingkatan kafarat terendah yaitu memberi makan dan dia berkata bahwa dia tidak mendapatkannya, Nabi diam dan tidak lantas melepaskan beban syariat kafarat. Hukum asal adalah kafarat tetap harus ditunaikan. Alasan lainnya adalah dengan mengiaskan kafarat ini dengan seluruh kafarat dan hutang yang tidak gugur dengan alasan kesulitan.

Adapun pemberian rukhsah baginya untuk memberi makan keluarganya, sebagian ulama menjelaskan: orang yang wajib membayar kafarat, jika ditebus oleh orang lain, dia boleh makan dari makanan kafarat itu dan memberi makan keluarganya dengan itu.

الۡأَحۡكَامُ الۡمَأۡخُوذَةُ مِنَ الۡحَدِيثِ:

١ – أَنَّ الۡوَطۡءَ فِي نَهَارِ رَمَضَانَ مِنَ الۡفَوَاحِشِ الۡمُهۡلِكَاتِ، لِأَنَّ النَّبِيَّ ﷺ أَقَرَّهُ عَلَى قَوۡلِهِ: “هَلَكۡتُ” وَلَمۡ يَكُنۡ كَذٰلِكَ، لَهَوَّنَ عَلَيۡهِ الۡأَمۡرَ.

٢ – أَنَّ الۡوَاطِئَ عَمۡدًا يَجِبُ عَلَيۡهِ الۡكَفَّارَةُ، وَهِيَ عَلَى التَّرۡتِيبِ، عِتۡقُ رَقَبَةٍ فَإِنۡ لَمۡ يَجِدۡ، فَصِيَامُ شَهۡرَيۡنِ مُتَتَابِعَيۡنِ، فَإِنۡ لَمۡ يَسۡتَطِعۡ، فَإِطۡعَامُ سِتِّينَ مِسۡكِينًا.

٣ – أَنَّ الۡكَفَّارَةَ لَا تَسۡقُطُ مَعَ الۡإِعۡسَارِ، لِأَنَّ النَّبِيَّ ﷺ لَمۡ يُسۡقِطۡهَا عَنۡهُ بِفَقۡرِهِ، وَلَيۡسَ فِي الۡحَدِيثِ مَا يَدُلُّ عَلَى السُّقُوطِ.

٤ – جَوَازُ التَّكۡفِيرِ عَنِ الۡغَيۡرِ وَلَوۡ مِنۡ أَجۡنَبِيٍّ.

٥ – أَنَّ لَهُ الۡأَكۡلَ مِنۡهَا وَإِطۡعَامَهَا أَهۡلَهُ مَا دَامَتۡ مُخَرَّجَةً مِنۡ غَيۡرِهِ.

٦ – ظَاهِرُ الۡحَدِيثِ أَنَّهُ لَا فَرۡقَ فِي الرَّقَبَةِ بَيۡنَ الۡكَافِرَةِ وَالۡمُؤۡمِنَةِ، وَبِهٰذَا أَخَذَ الۡحَنَفِيَّةُ.

وَالصَّحِيحُ الَّذِي عَلَيۡهِ الۡجُمۡهُورُ: أَنَّهُ لَا بُدَّ مِنۡ إِيمَانِهَا، وَيَكُونُ الۡحَدِيثُ مُقَيَّدًا بِالنُّصُوصِ الَّتِي فِيهَا كَفَّارَةُ الۡقَتۡلِ، فَإِنَّهُ ذُكِرَ فِيهَا الۡإِيمَانُ.

٧ – حُسۡنُ خُلُقِ النَّبِيِّ ﷺ، وَكَرَمُ الۡوِفَادَةِ عَلَيۡهِ فَقَدۡ جَاءَهُ هٰذَا الرَّجُلُ خَائِفًا وَجِلًا، فَرَاحَ فَرۡحًا، مَعَهُ مَا يُطۡعِمُ مِنۡهُ أَهۡلَهُ.

٨ – أَنَّ مَنِ ارۡتَكَبَ مَعۡصِيَةً لَا حَدَّ فِيهَا، ثُمَّ جَاءَ تَائِبًا نَادِمًا، فَإِنَّهُ لَا يُعَزَّرُ.

Hukum-hukum yang bisa diambil dari hadis ini:

  1. Menggauli istri di siang hari bulan Ramadan termasuk pelanggaran yang membinasakan karena Nabi—shallallahu ‘alaihi wa sallam—tidak mengingkari ucapan orang itu “Aku binasa.” Jika perbuatan tersebut tidak membinasakan, niscaya Nabi akan menyatakan kepadanya bahwa perbuatan tersebut tidak sampai setaraf itu.
  2. Orang yang menggauli istri dengan kesadaran, wajib kafarat baginya. Kafaratnya sesuai urutan berikut: memerdekakan budak, jika tidak bisa, puasa dua bulan berturut-turut, jika tidak mampu, memberi makan enam puluh orang miskin.
  3. Kafarat tidak gugur dengan alasan kesulitan karena Nabi—shallallahu ‘alaihi wa sallam—tidak menggugurkannya dari orang itu karena kefakirannya. Tidak ada dalil dalam hadis ini yang menunjukkan gugurnya kafarat.
  4. Bolehnya pembayaran kafarat dari orang lain walaupun bukan dari keluarga.
  5. Dia boleh memakannya dan memberikan kepada keluarganya selama dikeluarkan dari orang lain.
  6. Lahir hadis ini bermakna tidak ada perbedaan antara budak kafir atau mukmin. Pengikut mazhab Hanafi berpegang dengan pendapat ini. Namun yang sahih adalah pendapat jumhur yaitu budak yang hendak dimerdekakan harus budak yang beriman dan hadis ini dikhususkan oleh nas-nas yang menyatakan kafarat pembunuhan. Di situ disebutkan perihal keimanan budak yang akan dimerdekakan.
  7. Baiknya akhlak Nabi—shallallahu ‘alaihi wa sallam—dan mulianya penyambutan beliau. Orang ini datang dalam keadaan takut dan cemas, lalu pulang dalam keadaan bahagia dengan membawa makanan untuk keluarganya.
  8. Barang siapa yang mengerjakan kemaksiatan yang tidak ada hukuman hudud kemudian dia datang dengan bertobat dan menyesal, dia tidak diberi hukuman.

خُلَاصَةُ فَوَائِدَ مِنۡ كَلَامِ شَيۡخِ الۡإِسۡلَامِ ابۡنِ تَيۡمِيَةَ رَحِمَهُ اللهُ

Kesimpulan faedah dari ucapan Syekh Islam Ibnu Taimiyah—rahimahullah

قَالَ: يُفَطِّرُ بِالنَّصِّ وَالۡإِجۡمَاعِ الۡأَكۡلُ وَالشُّرۡبُ وَالۡجِمَاعُ. وَثَبَتَ بِالسُّنَّةِ وَالۡإِجۡمَاعِ أَنَّ دَمَ الۡحَيۡضِ يُنَافِي الصَّوۡمَ، فَلَا تَصُومُ الۡحَائِضُ، وَلَكِنۡ تَقۡضِي الصِّيَامَ. وَقَالَ ﷺ: (وَبَالِغۡ فِي الۡاِسۡتِنۡشَاقِ إِلَّا أَنۡ تَكُونَ صَائِمًا) فَدَلَّ عَلَى أَنَّ نُزُولَ الۡمَاءِ مِنَ الۡأَنۡفِ يُفَطِّرُ الصَّائِمَ. قَالَ الۡخَطَّابِيُّ: وَلَا أَعۡلَمُ خِلَافًا بَيۡنَ أَهۡلِ الۡعِلۡمِ فِي أَنَّ مَنۡ ذَرَعَهُ الۡقَيۡءُ، فَلَا قَضَا عَلَيۡهِ وَفِي أَنَّ مَنِ اسۡتَقَاءَ عَامِدًا فَعَلَيۡهِ الۡقَضَاءُ، وَمَنِ احۡتَلَمَ بِغَيۡرِ اخۡتِيَارِهِ، فَالنَّائِمُ لَمۡ يُفۡطِرۡ بِالۡاِتِّفَاقِ، وَأَمَّا مَنِ اسۡتَمۡنَى فَأَنۡزَلَ فَإِنَّهُ يُفۡطِرُ. وَقَدۡ ثَبَتَ بِدَلَالَةِ الۡكِتَابِ وَالسُّنَّةِ أَنَّ مَنۡ فَعَلَ مَحۡظُورًا مُخۡطِئًا أَوۡ نَاسِيًا لَمۡ يُؤَاخِذۡهُ اللهُ بِذٰلِكَ، وَيَكُونُ بِمَنۡزِلَةِ مَنۡ لَمۡ يَفۡعَلۡهُ، فَلَا يَكُونُ عَلَيۡهِ إِثۡمٌ، وَمِثۡلُ هٰذَا لَا تُبۡطِلُ عِبَادَتَهُ، فَالصَّائِمُ إِذَا أَكَلَ أَوۡ شَرِبَ أَوۡ جَامَعَ نَاسِيًا أَوۡ مُخۡطِئًا فَلَا قَضَاءَ عَلَيۡهِ، وَهُوَ قَوۡلُ طَائِفَةٍ مِنَ السَّلَفِ وَالۡخَلَفِ.

Beliau berkata: Yang membatalkan puasa berdasar nas dan ijmak adalah makan, minum, dan jimak. Dan sudah pasti berdasar sunah dan ijmak bahwa darah haid menafikan saum. Jadi wanita yang sedang haid tidak boleh puasa, tetapi dia nanti mengqada puasa. Nabi—shallallahu ‘alaihi wa sallam—bersabda, “Hiruplah air kuat-kuat dengan hidung kecuali jika engkau sedang saum!” (HR. Abu Dawud nomor 2366, At-Tirmidzi nomor 788, Ibnu Majah nomor 407, dan An-Nasa`i nomor 87).

Ini menunjukkan jika air turun masuk dari hidung, membatalkan puasa.

Al-Khaththabi berkata, “Aku tidak mengetahui ada perselisihan antara ulama bahwa barang siapa yang muntah di luar keinginannya, tidak ada qada atasnya dan barang siapa yang sengaja membuat dirinya muntah, wajib qada.”

Barang siapa mengeluarkan mani tanpa ikhtiar seperti orang yang tidur (lalu mimpi basah), saumnya tidak batal menurut kesepakatan ulama. Adapun barang siapa melakukan istimna, lalu keluar mani, maka saumnya batal.

Telah pasti dengan dalil Al-Qur’an dan sunah bahwa barang siapa melakukan hal yang dilarang karena keliru yang tidak disengaja atau lupa, Allah tidak menghukum dia karenanya dan keadaannya seperti keadaan orang yang tidak melakukan pelanggaran sehingga dia tidak berdosa.

Semisal ini tidaklah membatalkan ibadahnya. Jadi apabila orang yang saum makan, minum, atau jimak dalam keadaan lupa atau keliru yang tidak disengaja, maka dia tidak wajib qada. Ini adalah pendapat sekelompok ulama salaf dan khalaf.

وَأَمَّا الۡكُحۡلُ وَالۡحُقۡنَةُ وَمَا يَقۡطُرُ فِي الۡإِحۡلِيلِ، وَمُدَاوَاةُ الۡمَأۡمُومَةِ وَالۡجَائِفَةِ، فَهٰذَا مِمَّا تَنَازَعَ فِيهِ أَهۡلُ الۡعِلۡمِ: فَمِنۡهُمۡ مَنۡ لَمۡ يُفَطِّرۡ شَيۡءٌ مِنۡ ذٰلِكَ، وَمِنۡهُمۡ مَنۡ فَطَّرَ بِالۡجَمِيعِ. وَالۡأَظۡهَرُ أَنَّهُ لَا يُفَطِّرُ بِشَيۡءٍ مِنۡ ذٰلِكَ، فَإِنَّ الصِّيَامَ مِنۡ دِينِ الۡمُسۡلِمِينَ الَّذِي يَحۡتَاجُ إِلَى مَعۡرِفَتِهِ الۡخَاصُّ وَالۡعَامُّ، فَلَوۡ كَانَتۡ هٰذِهِ الۡأُمُورُ مِمَّا حَرَّمَهَا اللهُ وَرَسُولُهُ فِي الصِّيَامِ، وَيُفۡسَدُ الصَّوۡمُ بِهَا لَكَانَ هٰذَا مِمَّا يَجِبُ بَيَانُهُ عَلَى الرَّسُولِ، وَلَوۡ ذَكَرَ ذٰلِكَ لَعَلِمَهُ الصَّحَابَةُ وَبَلَّغُوهُ الۡأُمَّةَ كَمَا بَلَّغُوا سَائِرَ شَرۡعِهِ، فَلَمَّا لَمۡ يَنۡقُلۡ أَحَدٌ مِنۡ أَهۡلِ الۡعِلۡمِ عَنِ النَّبِيِّ ﷺ فِي ذٰلِكَ لَا حَدِيثًا صَحِيحًا وَلَا ضَعِيفًا وَلَا مُسۡنَدًا وَلَا مُرۡسَلًا عُلِمَ أَنَّهُ لَمۡ يَذۡكُرۡ شَيۡئًا مِنۡ ذٰلِكَ. وَالۡحَدِيثُ الۡمَرۡوِيُّ فِي الۡكُحۡلِ ضَعِيفٌ. وَالَّذِينَ قَالُوا: إِنَّ هٰذِهِ الۡأُمُورَ تُفَطِّرُ لَمۡ يَكُنۡ مَعَهُمۡ حُجَّةٌ إِلَّا الۡقِيَاسُ، وَأَقۡوَى مَا احۡتَجُّوا بِهِ (وَبَالِغۡ فِي الۡاِسۡتِنۡشَاقِ إِلَّا أَنۡ تَكُونَ صَائِمًا) وَهُوَ قِيَاسٌ ضَعِيفٌ، وَذٰلِكَ أَنَّ مَنۡ نَشِقَ الۡمَاءَ بِمَنۡخِرَيۡهِ يَنۡزِلُ الۡمَاءُ إِلَى حَلۡقِهِ وَإِلَى جَوۡفِهِ فَيَحۡصُلُ لَهُ بِذٰلِكَ مَا يَحۡصُلُ لِلشَّارِبِ بِفَمِهِ، وَيُغَذِّي بَدَنَهُ مِنۡ ذٰلِكَ الۡمَاءُ، وَيَزُولُ الۡعَطۡشُ، فَلَوۡ لَمۡ يَرِدِ النَّصُّ بِذٰلِكَ لَعُلِمَ بِالۡعَقۡلِ أَنَّ هٰذَا مِنۡ جِنۡسِ الشُّرۡبِ. فَالصَّائِمُ نُهِيَ عَنِ الۡأَكۡلِ وَالشُّرۡبِ لِأَنَّ ذٰلِكَ سَبَبُ التَّقَوِّي، وَلَيۡسَ كَذٰلِكَ الۡكُحۡلُ وَالۡحُقۡنَةُ، وَمُدَاوَاةُ الۡجَائِفَةِ وَالۡمَأۡمُومَةِ، فَإِنَّهَا لَا تُغَذِّي الۡبَتَّةَ.

Celak, suntikan, sesuatu yang menetes ke dalam ihlil (lubang saluran kencing atau lubang payudara), pengobatan al-ma’mumah (luka di kepala yang sampai ke lapisan pelindung otak) dan al-ja’ifah (luka yang tembus ke rongga badan) adalah sebagian perkara yang diperselisihkan oleh ulama:

Sebagian mereka berpendapat tidak satu pun dari hal itu yang membatalkan saum. Sebagian mereka ada yang menganggap itu semua membatalkan saum.

Yang lebih kuat adalah tidak satu pun dari hal itu yang membatalkan saum. Karena saum termasuk agama kaum muslimin yang butuh untuk diketahui baik oleh orang-orang khusus maupun orang-orang awam. Andai hal-hal ini termasuk yang diharamkan oleh Allah dan Rasul-Nya ketika saum dan akan merusak saum, tentunya hal ini wajib dijelaskan oleh Rasulullah. Andai beliau telah menyebutkannya, niscaya diketahui oleh sahabat dan mereka akan menyampaikannya kepada umat sebagaimana mereka telah menyampaikan seluruh syariat yang Rasulullah bawa. Namun ketika tidak ada seorang ulama pun yang menukil dari Nabi—shallallahu ‘alaihi wa sallam—mengenai hal itu, tidak dalam hadis sahih, daif, musnad, ataupun mursal, maka diketahui bahwa beliau tidak menyebutkan sedikit pun dari hal itu. Adapun hadis yang diriwayatkan mengenai celak adalah hadis daif.

Orang-orang yang berpendapat bahwa hal-hal ini membatalkan saum, mereka tidak memiliki hujah kecuali kias. Hujah terkuat mereka adalah hadis “Hiruplah air dengan kuat ke hidung kecuali engkau sedang saum!” Namun ini adalah kias yang lemah. Hal itu karena barang siapa yang menghirup air dengan dua rongga hidungnya, air akan turun ke kerongkongan dan sampai ke lambung. Sama seperti yang terjadi dengan orang yang minum dengan mulutnya. Badannya akan mendapatkan asupan dari air itu dan dahaga akan lenyap. Kalau tidak ada nas yang menyebutkan itu, niscaya akal mengetahui bahwa perbuatan ini sejenis dengan minum.

Orang yang saum dilarang makan dan minum karena hal itu merupakan sebab untuk menguatkan badan. Tidak demikian halnya dengan celak, suntikan, dan pengobatan al-ja’ifah dan al-ma’mumah yang tidak memberi asupan sama sekali ke badan.

أَمَّا الۡجِمَاعُ فَإِنَّهُ إِحۡدَى الشَّهۡوَتَيۡنِ، فَجَرَى مَجۡرَى الۡأَكۡلِ وَالشُّرۡبِ. وَقَدۡ قَالَ تَعَالَى فِي الۡحَدِيثِ الۡقُدۡسِيِّ: (يَدَعُ شَهۡوَتَهُ وَطَعَامَهُ مِنۡ أَجۡلِى) فَتَرۡكُ الۡإِنۡسَانِ شَهۡوَتَهُ عِبَادَةٌ مَقۡصُودَةٌ يُثَابُ عَلَيۡهَا، وَإِنۡزَالُ الۡمَنِيِّ يَجۡرِي مَجۡرَى الۡاِسۡتِفۡرَاغِ، فَالصَّائِمُ قَدۡ نُهِيَ عَنۡ أَخۡذِ مَا يُقَوِّيهِ، وَيُغَذِّيهِ مِنَ الطَّعَامِ وَالشَّرَابِ، فَيُنۡهَى عَنۡ إِخۡرَاجِ مَا يُضۡعِفُهُ وَيُخۡرِجُ مَادَّتَهُ الَّتِي بِهَا يَتَغَذَّى وَكَوۡنُهُ يُضۡعِفُ الۡبَدَنَ يَجۡعَلُ إِفۡسَادَهُ لِلصَّوۡمِ أَعۡظَمُ مِنۡ إِفۡسَادِهِ الۡأَكۡلِ.

Adapun jimak merupakan salah satu dari dua jenis syahwat yang hukumnya berlaku seperti makan dan minum. Allah taala telah berfirman dalam hadis qudsi, “Dia meninggalkan syahwatnya dan makanannya karena-Ku.” (HR. Al-Bukhari nomor 1894 dan Muslim nomor 1151).

Jadi seorang manusia meninggalkan syahwatnya adalah suatu ibadah yang dimaksudkan agar diberi pahala. Mengeluarkan mani termasuk kategori mengeluarkan isi. Jadi orang yang saum dilarang dari perbuatan yang bisa menguatkan dan memberi asupan berupa makan dan minum. Juga dilarang dari mengeluarkan sesuatu yang akan melemahkannya dan mengeluarkan asupan makanannya. Kenyataan bahwa perbuatan tersebut melemahkan badan menjadikannya lebih pantas membatalkan saum daripada alasan perbuatan makan membatalkan saum.

وَالۡعُلَمَاءُ مُتَنَازِعُونَ فِي الۡحِجَامَةِ هَلۡ تُفۡطِرُ أَوۡ لَا؟ وَالۡأَحَادِيثُ الۡوَارِدَةُ عَنِ النَّبِيِّ ﷺ فِي قَوۡلِهِ: (أَفۡطَرَ الۡحَاجِمُ وَالۡمَحۡجُومُ) كَثِيرَةٌ قَدۡ بَيَّنَهَا الۡأَئِمَّةُ الۡحُفَّاظُ. وَقَدۡ كَرِهَ غَيۡرُ وَاحِدٍ مِنَ الصَّحَابَةِ الۡحِجَامَةَ لِلصَّائِمِ، وَالۡقَوۡلُ بِأَنَّهَا تُفۡطِرُ مَذۡهَبُ أَكۡثَرِ فُقَهَاءِ الۡحَدِيثِ، وَهَؤُلَاءِ أَخَصُّ النَّاسِ بِاتِّبَاعِ مُحَمَّدٍ ﷺ وَالَّذِينَ لَمۡ يَرَوۡا إِفۡطَارَ الۡمَحۡجُومِ احۡتَجُّوا بِمَا ثَبَتَ فِي الصَّحِيحِ مِنۡ أَنَّ النَّبِيَّ ﷺ احۡتَجَمَ وَهُوَ صَائِمٌ مُحۡرِمٌ. وَأَحۡمَدُ وَغَيۡرُهُ طَعَنُوا فِي هٰذِهِ الزِّيَادَةِ وَهِيَ قَوۡلُهُ: (وَهُوَ صَائِمٌ) وَقَالُوا: الثَّابِتُ أَنَّهُ احۡتَجَمَ وَهُوَ مُحۡرِمٌ، وَبِأَنَّهُ بِأَيِّ وَجۡهٍ أَرَادَ إِخۡرَاجَ الدَّمِ فَقَدۡ أَفۡطَرَ.

Para ulama berselisih pendapat dalam hal bekam. Apakah membatalkan saum atau tidak? Hadis-hadis yang datang dari Nabi—shallallahu ‘alaihi wa sallam—dalam sabdanya, “Orang yang membekam dan dibekam telah batal saumnya,” (HR. Ibnu Majah nomor 1680, Abu Dawud nomor 2371, dan At-Tirmidzi nomor 774) ada banyak dan telah dijelaskan para imam ahli hadis.

Lebih dari seorang sahabat yang membenci bekam bagi orang yang saum. Pendapat bekam membatalkan saum adalah mazhab mayoritas ahli fikih dan mereka adalah orang yang berdedikasi meneladani Nabi Muhammad—shallallahu ‘alaihi wa sallam—.

Orang-orang yang berpendapat batalnya saum orang yang dibekam berhujah dengan riwayat yang pasti dalam kitab Shahih bahwa Nabi—shallallahu ‘alaihi wa sallam—dibekam ketika beliau sedang saum dan ihram. (HR. Al-Bukhari nomor 1938).

Imam Ahmad dan selain beliau mengkritik tambahan lafaz “ketika beliau sedang saum”. Mereka berkata: Riwayat yang pasti menyebutkan bahwa beliau berbekam ketika sedang ihram. Mereka juga berpendapat bahwa jika dia hendak mengeluarkan darah lewat jalur manapun, maka saumnya batal.

وَالسِّوَاكُ جَائِزٌ بِلَا نِزَاعٍ، لَكِنِ اخْتَلَفَ الْعُلَمَاءُ فِي كَرَاهِيَتِهِ بَعْدَ الزَّوَالِ، وَلَكِنْ لَمْ يَقُمْ عَلَى تِلْكَ الْكَرَاهِيَةِ دَلِيلٌ شَرْعِيٌّ يَصْلُحُ أَنْ يُخَصِّصَ عُمُومَ نُصُوصِ السِّوَاكِ. وَذَوْقُ الطَّعَامِ يُكْرَهُ لِغَيْرِ حَاجَةٍ، لَكِنْ لَا يُفْطِرُ. وَأَمَّا لِلْحَاجَةِ فَلَا يُكْرَهُ.

Siwak boleh ketika saum tanda ada perselisihan. Tetapi ulama berselisih tentang makruhnya bersiwak setelah zawal. Tetapi tidak ada dalil syariat yang menunjukkan akan kemakruhannya yang bisa mengkhususkan keumuman nas bolehnya siwak ketika saum. Mencicipi makanan dibenci bila tanpa ada kebutuhan, tetapi tidak sampai membatalkan. Adapun jika dibutuhkan, tidak makruh.


[1] HR. Al-Bukhari nomor 1936, 1937, 2600, 5368, 6087, 6709, 6710, dan 6711; dan Muslim nomor 1111. Diriwayatkan pula oleh Abu Dawud nomor 2390, Ad-Darimi (2/11), At-Tirmidzi nomor 724, Ibnu Majah nomor 1671, dan Ahmad dalam Al-Musnad (2/241, 516).

Be the first to leave a comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *