الۡحَدِيثُ الرَّابِعُ وَالثَّمَانُونَ بَعۡدَ الۡمِائَةِ
✍️ ‘Abdullah bin ‘Abdurrahman bin Shalih Al Bassam (wafat 1423 H) rahimahullah
١٨٤ – عَنۡ جَابِرِ بۡنِ عَبۡدِ اللهِ رَضِيَ اللهُ عَنۡهُ قَالَ: كَانَ رَسُوۡلُ اللهِ ﷺ فِي سَفَرٍ، فَرَأى زِحَامًا، وَرَجُلًا قَدۡ ظُلِّلَ عَلَيۡهِ، فَقَالَ: (مَا هٰذَا؟) قَالُوا: صَائِمٌ. قَالَ: لَيۡسَ مِنَ الۡبِرِّ الصِّيَامُ فِي السَّفَرِ).
وَفِي لَفۡظٍ لِمُسۡلِمٍ (عَلَيۡكُمۡ بِرُخۡصَةِ اللهِ الَّتِي رَخَّصَ لَكُمۡ).
184. Dari Jabir—radhiyallahu ‘anhu—, beliau mengatakan:
Rasulullah—shallallahu ‘alaihi wa sallam—pernah ketika safar, melihat kerumunan dan seorang pria yang diberi naungan. Beliau bertanya, “Ada apa ini?”
Orang-orang menjawab, “Dia berpuasa.”
Rasulullah bersabda, “Berpuasa ketika safar tidaklah termasuk kebajikan.”[1]
Di dalam redaksi Imam Muslim, “Seharusnya kalian menerima rukhsah yang telah Allah berikan kepada kalian.”[2]
الۡمَعۡنَى الۡإِجۡمَالِيُّ:
كَانَ رَسُولُ اللهِ ﷺ فِي أَحَدِ أَسۡفَارِهِ، فَرَأَى النَّاسَ مُتَزَاحِمِينَ وَرَجُلًا قَدۡ ظُلِّلَ عَلَيۡهِ، فَسَأَلَهُمۡ عَنۡ أَمۡرِهِ. قَالُوا: إِنَّهُ صَائِمٌ وَبَلَغَ بِهِ الظَّمَأُ هٰذَا الۡحَدَّ.
فَقَالَ الرَّحِيمُ الۡكَرِيمُ ﷺ: إِنَّ الصِّيَامَ فِي السَّفَرِ لَيۡسَ مِنَ الۡبِرِّ، وَلَكِنۡ عَلَيۡكُمۡ بِرُخۡصَةِ اللهِ الَّتِي رَخَّصَ لَكُمۡ.
فَهُوَ لَمۡ يُرِدۡ مِنۡكُمۡ بِعِبَادَتِهِ تَعۡذِيبَ أَنۡفُسِكُمۡ.
Makna secara umum
Rasulullah—shallallahu ‘alaihi wa sallam—pernah dalam salah satu safarnya melihat orang-orang berkerumun dan ada seseorang yang dinaungi. Rasulullah menanyai mereka tentang masalahnya.
Mereka berkata, “Sesungguhnya dia sedang saum dan dia mengalami rasa haus yang sedemikian rupa.”
Nabi yang sangat penyayang lagi mulia—shallallahu ‘alaihi wa sallam—berkata, “Sesungguhnya saum ketika safar, bukanlah termasuk kebajikan. Akan tetapi seharusnya kalian mengambil rukhsah yang Allah berikan kepada kalian. Allah tidak menghendaki dengan ibadah dari kalian kepada Allah untuk menyiksa diri-diri kalian.”
مَا يُؤۡخَذُ مِنَ الۡحَدِيثِ:
١ – جَوَازُ الصِّيَامِ فِي السَّفَرِ. وَجَوَازُ الۡأَخۡذِ بِالرُّخۡصَةِ بِالۡفِطۡرِ.
٢ – أَنَّ الصِّيَامَ فِي السَّفَرِ لَيۡسَ بِرًّا، وَإِنَّمَا يُجۡزِئُ وَيُسۡقِطُ الۡوَاجِبَ.
٣ – أَنَّ الۡأَفۡضَلَ إِتۡيَانُ رُخَصِ اللهِ تَعَالَى، الَّتِي خَفَّفَ بِهَا عَلَى عِبَادِهِ.
Faedah hadis
- Bolehnya saum ketika safar dan bolehnya mengambil rukhsah tidak saum.
- Saum ketika safar bukanlah kebajikan. Hanya saja puasanya tetap sah dan bisa menggugurkan kewajiban.
- Yang afdal adalah mengambil rukhsah Allah taala yang dapat meringankan hamba-hamba-Nya.
اخۡتِلَافُ الۡعُلَمَاءِ:
اخۡتَلَفَ الۡعُلَمَاءُ فِي صَوۡمِ رَمَضَانَ فِي السَّفَرِ.
فَشَدَّدَ بَعۡضُ السَّلَفِ، كَالزُّهۡرِيِّ، وَالنَّخَعِيِّ: وَذَهَبُوا إِلَى أَنَّ صِيَامَ الۡمُسَافِرِ لَا يُجۡزِئُ عَنۡهُ، وَهُوَ مَرۡوِيٌّ عَنۡ عَبۡدِ الرَّحۡمٰنِ بۡنِ عَوۡفٍ، وَأَبِي هُرَيۡرَةَ، وَابۡنِ عُمَرَ، وَهُوَ مَذۡهَبُ الظَّاهِرِيَّةِ.
وَذَهَبَ جَمَاهِيرُ الۡعُلَمَاءِ، وَمِنۡهُمُ الۡأَئِمَّةُ الۡأَرۡبَعَةُ، إِلَى جَوَازِ الصِّيَامِ وَالۡفِطۡرِ.
Perselisihan ulama
Para ulama berselisih pendapat dalam masalah saum Ramadan ketika safar. Sebagian ulama salaf sangat ketat pendapatnya. Seperti Az-Zuhri dan An-Nakha’i. Mereka berpendapat bahwa saum musafir tidak sah. Ini diriwayatkan dari ‘Abdurrahman bin ‘Auf, Abu Hurairah dan Ibnu ‘Umar. Ini adalah mazhab Zhahiriyyah.
Jumhur ulama berpendapat—di antaranya adalah keempat imam mazhab—boleh saum dan boleh tidak saum.
وَاحۡتَجَّ الۡأَوَّلُونَ بِقَوۡلِهِ تَعَالَى: ﴿فَمَن شَهِدَ مِنكُمُ ٱلشَّهۡرَ فَلۡيَصُمۡهُ ۖ وَمَن كَانَ مَرِيضًا أَوۡ عَلَىٰ سَفَرٍ فَعِدَّةٌ مِّنۡ أَيَّامٍ أُخَرَ ﴾ [البقرة: ١٨٥].
وَوَجۡهُهُ: أَنَّ اللهَ لَمۡ يَفۡرِضِ الصَّوۡمَ إِلَّا عَلَى مَنۡ شَهِدَهُ، وَفَرَضَ عَلَى الۡمَرِيضِ وَالۡمُسَافِرِ، فِي أَيَّامٍ أُخَرَ.
وَمَا رَوَاهُ مُسۡلِمٌ عَنۡ جَابِرٍ: أَنَّ النَّبِيَّ ﷺ خَرَجَ عَامَ الۡفَتۡحِ فِي رَمَضَانَ، فَصَامَ حَتَّى بَلَغَ كُرَاعَ الۡغَمِيمِ، فَصَامَ النَّاسُ، ثُمَّ دَعَا بِقَدَحٍ مِنۡ مَاءٍ فَرَفَعَهُ حَتَّى نَظَرَ النَّاسُ إِلَيۡهِ، ثُمَّ شَرِبَ، فَقِيلَ لَهُ بَعۡدَ ذٰلِكَ: إِنَّ بَعۡضَ النَّاسِ قَدۡ صَامَ، فَقَالَ: (أُؤلَئِكَ الۡعُصَاةُ، أُؤلَئِكَ الۡعُصَاةُ) فَنُسِخَ قَوۡلُهُ: (أُؤلَئِكَ الۡعُصَاةُ) لِصِيَامِهِ.
وَمَا رَوَاهُ الۡبُخَارِيُّ عَنۡ جَابِرٍ: (لَيۡسَ مِنَ الۡبِرِّ الصِّيَامُ في السَّفَرِ).
Kelompok pertama berhujah dengan firman Allah taala, “Barang siapa di antara kalian yang menyaksikan masuknya bulan (Ramadan), dia harus saum bulan itu. Barang siapa sakit atau sedang safar, diganti di hari-hari yang lain.”
Sisi pendalilannya adalah bahwa Allah tidak mewajibkan saum kecuali kepada orang yang menyaksikannya dan Allah mewajibkan orang yang sakit dan sedang safar untuk saum di hari-hari yang lain.
(Mereka juga berhujah) dengan hadis riwayat Muslim (nomor 1114) dari Jabir:
Nabi—shallallahu ‘alaihi wa sallam—keluar berperang pada tahun fatah Makkah di bulan Ramadan. Beliau saum sampai tiba di Kura’ Al-Ghamim. Pasukan muslimin juga saum. Kemudian beliau minta air satu wadah. Beliau mengangkatnya supaya kaum muslimin bisa melihatnya, kemudian beliau minum. Setelah itu ada yang berkata kepada beliau, “Sebagian orang ada yang tetap saum.”
Nabi berkata, “Mereka itu orang-orang yang membangkang. Mereka itu orang-orang yang membangkang.”
Jadi sabda beliau, “Mereka itu orang-orang yang membangkang,” menasakhkan perbuatan saum beliau.
(Mereka juga berhujah) dengan hadis riwayat Al-Bukhari dari Jabir, “Saum ketika safar bukanlah termasuk kebajikan.”
وَاحۡتَجَّ الۡجُمۡهُورُ بِحُجَجٍ قَوِيَّةٍ، مِنۡهَا أَحَادِيثُ الۡبَابِ.
الۡأَوَّلُ: حَدِيثُ حَمۡزَةَ الۡأَسۡلَمِىِّ: (إِنۡ شِئۡتَ فَصُمۡ، وَإِنۡ شِئۡتَ فَأَفۡطِرۡ).
الثَّانِي: حَدِيثُ أَنَسٍ: (كُنَّا نُسَافِرُ مَعَ رَسُولِ اللهِ ﷺ فَلَمۡ يَعِبِ الصَّائِمُ عَلَى الۡمُفۡطِرِ وَلَا الۡمُفۡطِرُ عَلَى الصَّاِئمِ).
الثَّالِثُ: حَدِيثُ أَبِي الدَّرۡدَاءِ، فِيهِ صِيَامُ رَسُولِ اللهِ، وَعَبۡدِ اللهِ بۡنِ رَوَاحَةَ.
Jumhur berhujah dengan hujah-hujah yang kuat. Di antaranya adalah hadis-hadis bab ini.
Pertama: Hadis Hamzah Al-Aslami, “Jika engkau mau, berpuasalah, dan jika engkau mau, tidak usah berpuasa.”
Kedua: Hadis Anas: Kemudian kami pernah melakukan safar bersama Rasulullah. Orang yang saum tidak mencela orang yang tidak saum dan orang yang tidak saum tidak mencela orang yang saum.
Ketiga: Hadis Abu Ad-Darda` yang menyebutkan saum Rasulullah dan ‘Abdullah bin Rawahah.
وَأَجَابُوا عَنۡ أَدِلَّةِ الۡأَوَّلِينَ بِمَا يَأۡتِي:
أَمَّا الۡآيَةُ: فَالَّذِي أُنۡزِلَتۡ عَلَيۡهِ، صَامَ بَعۡدَ نُزُولِهَا، وَهُوَ أَعۡلَمُ الۡخَلۡقِ بِمَعۡنَاهَا فَيَتَحَتَّمُ أَنَّ مَعۡنَاهَا غَيۡرُ مَا ذَكَرۡتُمۡ.
وَأَكۡثَرُ الۡعُلَمَاءِ ذَكَرُوا أَنَّ فِيهَا مُقَدَّرًا تَقۡدِيرُهُ (فأَفۡطَرَ).
أَمَّا قَوۡلُ: (أُولَئِكَ الۡعُصَاةُ) فَهِيَ وَاقِعَةُ عَيۡنٍ لِأُنَاسٍ شَقَّ عَلَيۡهِمُ الصِّيَامُ، فَأَفۡطَرَ هُوَ عَلَيۡهِ الصَّلَاةُ وَالسَّلَامُ لِيَقۡتَدُوا بِهِ، فَلَمۡ يَفۡعَلُوا فَقَالَ: (أُولَئِكَ الۡعُصَاةُ) لِعَدَمِ اقۡتِدَائِهِمۡ بِهِ عَلَيۡهِ الصَّلَاةُ وَالسَّلَامُ.
وَأَمَّا حَدِيثُ (لَيۡسَ مِنَ الۡبِرِّ الصِّيَامُ فِي السَّفَرِ) فَمَعۡنَاهُ أَنَّ الصِّيَامَ فِي السَّفَرِ لَيۡسَ مِنَ الۡبِرِّ الَّذِي يَتَسَابَقُ إِلَيۡهِ وَيَتَنَافَسُ فِيهِ.
فَقَدۡ يَكُونُ الۡفِطۡرُ أَفۡضَلَ مِنۡهُ، إِذَا كَانَ هُنَاكَ مَشَقَّةٌ، أَوۡ كَانَ الۡفِطۡرُ يُسَاعِدُ عَلَى الۡجِهَادِ، وَاللهُ يُحِبُّ أَنۡ تُؤۡتَى رُخَصُهُ، كَمَا يَكۡرَهُ أَنۡ تُؤۡتَي مَعَاصِيهِ.
Mereka menjawab dalil-dalil kelompok pertama dengan jawaban berikut:
Adapun ayat yang dijadikan hujah mereka, maka orang yang ayat tersebut diturunkan kepadanya, melakukan saum setelah turunnya ayat tersebut. Dan beliau adalah makhluk yang paling mengetahui makna ayat itu, sehingga bisa dipastikan bahwa maknanya tidak sebagaimana yang kalian sebutkan. Sebagian besar ulama menyebutkan bahwa dalam ayat itu ada kata yang tersembunyi yang asumsinya adalah “lalu dia tidak saum.”
Adapun ucapan “Mereka adalah orang-orang yang membangkang”, ini ditujukan khusus kepada orang-orang yang kepayahan dalam saum. Beliau—‘alaihish shalatu was salam—membatalkan saumnya agar mereka mencontoh beliau namun mereka tidak melakukannya. Lalu beliau berkata, “Mereka adalah orang-orang yang membangkang,” karena mereka tidak mau mencontoh beliau—‘alaihish shalatu was salam—.
وَالۡجُمۡهُورُ الَّذِينَ يَرَوۡنَ جَوَازَ الصِّيَامِ فِي السَّفَرِ، اخۡتَلَفُوا أَيَّهُمَا أَفۡضَلُ، الصِّيَامَ أَمِ الۡفِطۡرَ؟
فَذَهَبَ الۡأَئِمَّةُ الثَّلَاثَةُ، أَبُو حَنِيفَةَ، وَمَالِكٌ، وَالشَّافِعِيُّ، إِلَى أَنَّ الصَّوۡمَ أَفۡضَلُ لِمَنۡ لَا يَلۡحَقُهُ مَشَقَّةً.
وَذَهَبَ الۡإِمَامُ أَحۡمَدُ إِلَى أَنَّ الۡفِطۡرَ فِي رَمَضَانَ أَفۡضَلُ وَلَوۡ لَمۡ يَلۡحَقُ الصَّائِمُ مَشَقَّةً.
وَيَقُولُ بِاسۡتِحۡبَابِ الۡفِطۡرِ أَيۡضًا، سَعِيدُ بۡنُ الۡمُسَيَّبِ، وَالۡأَوۡزَاعِيُّ وَإِسۡحَاقُ.
اسۡتَدَلَّ الۡأَئِمَّةُ الثَّلَاثَةُ بِأَحَادِيثَ:
مِنۡهَا مَا رَوَاهُ أَبُو دَاوُدَ عَنۡ سَلَمَةَ بۡنِ الۡمُحَبِّقِ، عَنِ النَّبِيِّ ﷺ قَالَ:
(مَنۡ كَانَتۡ لَهُ حُمُوۡلَةٌ يَأۡوِي إِلَى شِبَعٍ، فَلۡيَصُمۡ رَمَضَانَ حَيۡثُ أَدۡرَكَهُ).
وَ(الۡحُمُولَةُ) بِالضَّمِّ: الۡأَحۡمَالُ الَّتِي يُسَافِرُ بِهَا صَاحِبُهَا.
أَمَّا أَدِلَّةُ الۡحَنَابِلَةِ، فَمِنۡهَا حَدِيثُ (لَيۡسَ مِنَ الۡبِرِّ الصِّيَامُ فِي السَّفَرِ) مُتَّفَقٌ عَلَيۡهِ.
وَحَدِيثُ (إِنَّ اللهَ يُحِبُّ أَنۡ تُؤۡتَى رُخَصُهُ).
Adapun hadis “saum ketika safar bukan termasuk kebajikan”, maknanya adalah saum ketika safar, yang di situ diperlukan kekuatan untuk berlomba-lomba (dalam kebaikan), bukanlah kebajikan. Terkadang tidak saum lebih utama daripada saum apabila ada kepayahan di situ atau apabila tidak saum dapat membantu jihad. Allah senang apabila rukhsah-Nya dilakukan sebagaimana Allah benci apabila kemaksiatan-kemaksiatan dilakukan.
Jumhur ulama yang berpendapat bolehnya saum ketika safar, berselisih pendapat, mana dari keduanya yang lebih afdal, saum atau tidak? Tiga imam mazhab: Abu Hanifah, Malik, dan Asy-Syafi’i berpendapat bahwa saum lebih utama bagi orang yang tidak kepayahan. Imam Ahmad berpendapat bahwa tidak saum di bulan Ramadan (ketika safar) lebih utama walaupun orang yang saum tidak mengalami kepayahan.
Yang berpendapat disukainya tidak saum adalah Sa’id bin Al-Musayyib, Al-Auza’i, dan Ishaq. Ketiga imam tersebut berdalil dengan hadis-hadis. Di antaranya adalah hadis riwayat Abu Dawud dari Salamah bin Al-Muhabbiq, dari Nabi—shallallahu ‘alaihi wa sallam—. Beliau bersabda, “Barang siapa yang memiliki binatang tunggangan yang dapat mengantarkannya ke suatu tempat untuk memperoleh makanan, maka saumlah Ramadan di mana saja dia mendapatinya.”
Al-Ḥumūlah dengan harakat damah adalah barang bawaan yang orang bawa ketika safar.
Adapun dalil mazhab Imam Ahmad, di antaranya adalah hadis “saum ketika safar bukanlah termasuk kebajikan.” Muttafaqun ‘alaih. Dan hadis “sesungguhnya Allah senang apabila rukhsah-rukhsah-Nya digunakan.”
فَائِدَةٌ:
أَمَّا مِقۡدَارُ السَّفَرِ الَّذِي يُبَاحُ فِيهِ الۡفِطۡرُ وَقَصۡرُ الصَّلَاةُ، فَقَدِ اخۡتَلَفَ الۡعُلَمَاءُ فِي تَحۡدِيدِهِ.
وَالصَّحِيحُ أَنَّهُ لَا يُفِيدُ بِهٰذِهِ التَّحۡدِيدَاتِ الَّتِي ذَكَرُوهَا، لِأَنَّهُ لَمۡ يَرِدۡ فِيهِ شَيۡءٌ عَنِ الشَّارِعِ.
فَالۡمُشۡرِعُ أَطۡلَقَ السَّفَرَ، فَنُطۡلِقُهُ كَمَا أَطۡلَقَهُ.
فَمَا عُدَّ سَفَرًا، أُبِيحَ فِيهِ الرُّخَصُ السَّفَرِيَّةُ، وَتَقَدَّمَ بِأَبۡسَطَ مِنۡ هٰذَا فِي (صَلَاةِ أَهۡلِ الۡأَعۡذَارِ).
Faedah
Penentuan batasan safar yang diperbolehkan tidak saum dan mengqasar salat diperselisihkan oleh para ulama. Yang sahih adalah pendefinisian batasan-batasan safar yang mereka sebutkan ini tidak memberi faedah karena tidak ada keterangan dari Sang pembuat syariat tentang hal itu. Sang pembuat syariat menyebutkan safar secara umum, jadi kita juga memahaminya safar secara umum sebagaimana Dia menyebutkannya secara umum. Semua perjalanan yang dianggap safar, maka rukhsah-rukhsah yang terkait safar diperbolehkan padanya. Penjelasan yang lebih luas daripada ini telah disebutkan dalam pembahasan salat orang yang memiliki uzur.
[1] HR. Al-Bukhari nomor 1946 dan Muslim nomor 1115. Juga diriwayatkan oleh Abu Dawud nomor 2407, An-Nasa`i nomor 2258, Ad-Darimi, dan Ahmad dalam Al-Musnad.
[2] HR. Muslim nomor 1115.
Be the first to leave a comment