Hukum Makan dan Minum dengan Berdiri

ismail  

حكم الأكل والشرب واقفًا

✍️Syekh ‘Abdul ‘Aziz bin ‘Abdullah bin Baz (wafat 1420 H) rahimahullah

السؤال:

Pertanyaan:

هناك بعض الأحاديث النبوية المطهرة تنهى عن الأكل والشرب واقفًا، وهناك أيضًا بعض الأحاديث تسمح للإنسان بالأكل والشرب واقفًا، فهل معنى ذلك أننا لا نأكل ولا نشرب واقفين؟ أم نأكل ونشرب جالسين؟ وأي الأحاديث أجدر بالاتباع؟

Di sana ada sebagian hadis Nabi yang suci melarang dari perbuatan makan dan minum dengan berdiri. Di sana juga ada sebagian hadis yang membolehkan orang makan dan minum dengan berdiri.

Apakah makna hadis-hadis tersebut bahwa kita tidak boleh makan dan minum dalam keadaan berdiri? Atau kita makan dan minum dengan duduk? Hadis yang mana yang lebih patut untuk dicontoh?

الجواب:

Jawaban:

الأحاديث الواردة في هذا صحيحة جاء عن النبي ﷺ النهي عن الشرب قائمًا والأكل مثل ذلك،

Hadis-hadis yang menyebutkan masalah ini adalah sahih. Ada riwayat dari Nabi ﷺ yang menyebutkan larangan minum dengan berdiri. Makan pun seperti itu.

وجاء عنه ﷺ أنه شرب قائمًا، فالأمر في هذا واسع وكلها صحيحة، والحمد لله، فالنهي عن ذلك للكراهة، فإذا احتاج الإنسان إلى الأكل واقفًا أو إلى الشرب واقفًا فلا حرج،

Ada juga riwayat dari beliau ﷺ yang menyebutkan bahwa beliau minum dengan duduk. Urusan dalam masalah ini lapang. Semuanya sahih. Alhamdulillah. Jadi larangan dari perbuatan tersebut maksudnya makruh. Jika seseorang butuh makan dengan berdiri atau minum dengan berdiri, tidak mengapa.

وقد ثبت عن النبي ﷺ أنه شرب قاعدًا وقائمًا، فإذا احتاج الإنسان إلى ذلك فلا حرج أن يأكل قائمًا وأن يشرب قائمًا، وإن جلس فهو أفضل وأحسن، وثبت عنه ﷺ أنه شرب من زمزم واقفًا عليه الصلاة والسلام،

Ada riwayat yang pasti datang dari Nabi ﷺ menyebutkan bahwa beliau minum dengan duduk dan berdiri. Jika seseorang butuh, tidak mengapa dia makan dengan berdiri dan minum dengan berdiri. Jika dia duduk, itu lebih utama dan lebih baik. Ada riwayat yang pasti dari beliau ﷺ menyebutkan bahwa beliau minum dari sumur Zamzam dengan berdiri.

وقد ثبت عنه ﷺ من حديث علي أنه شرب قائمًا وقاعدًا، والأمر في هذا واسع، والشرب قاعدًا والأكل قاعدًا أفضل وأهنأ، وإن شرب قائمًا فلا حرج، وهكذا إن أكل قائمًا فلا حرج[1].

Ada pula riwayat yang pasti dari beliau ﷺ dari hadis ‘Ali menyebutkan bahwa beliau minum dengan berdiri dan duduk. Jadi permasalahan ini lapang. Minum dengan duduk dan makan dengan duduk lebih utama dan lebih nyaman. Jika dia minum dengan berdiri, tidak mengapa. Begitu pula jika dia makan dengan berdiri, tidak mengapa.

مجموع فتاوى ومقالات الشيخ ابن باز (25/ 275).

Majmu’ Fatawa wa Maqalat Asy-Syaikh Ibn Baz (25/275).

Sumber: https://binbaz.org.sa/fatwas/20057/%D8%AD%D9%83%D9%85-%D8%A7%D9%84%D8%A7%D9%83%D9%84-%D9%88%D8%A7%D9%84%D8%B4%D8%B1%D8%A8-%D9%88%D8%A7%D9%82%D9%81%D8%A7

Be the first to leave a comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *