Hukum Mengeluarkan Zakat Fitrah dalam Bentuk Uang

ismail  

حكم إخراج زكاة الفطر نقوداً

Syekh ‘Abdul ‘Aziz bin ‘Abdullah bin Baz rahimahullah

السؤال: يقول: إذا أراد صاحب زكاة الفطر أن يدفع نقوداً بدلاً من القمح والشعير وغيره فهل هذا جائز أم لا؟

Pertanyaan:

Jika seseorang mengeluarkan zakat fitrah dalam bentuk uang sebagai ganti dari gandum atau barli atau bahan makanan pokok lainnya, apakah diperbolehkan atau tidak?

الجواب: هذا لا ينبغي لا، الذي عليه جمهور أهل العلم أنه يزكي بالطعام ولا يزكي بالنقود؛ لأن الرسول ﷺ أخرج طعاماً وهكذا أصحابه وهكذا عامة أهل العلم وأكثرهم، فلا ينبغي إخراج النقود، بل يجب إخراج زكاة الفطر من الطعام، هذا هو الواجب

Jawaban:

Perbuatan ini tidak selayaknya dilakukan. Pendapat jumhur ulama adalah mengeluarkan zakat dalam bentuk bahan makanan pokok dan tidak boleh berzakat dengan uang karena Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam mengeluarkannya dalam bentuk bahan makanan pokok. Demikian pula yang diamalkan oleh para sahabat beliau. Ini pula yang diamalkan oleh mayoritas ulama.

Jadi sebaiknya tidak mengeluarkan zakat dalam bentuk uang. Bahkan wajib mengeluarkan zakat fitrah dalam bentuk bahan makanan pokok. Inilah yang wajib dilakukan.

Sumber: https://binbaz.org.sa/fatwas/5348/%D8%AD%D9%83%D9%85-%D8%A7%D8%AE%D8%B1%D8%A7%D8%AC-%D8%B2%D9%83%D8%A7%D8%A9-%D8%A7%D9%84%D9%81%D8%B7%D8%B1-%D9%86%D9%82%D9%88%D8%AF%D8%A7

Be the first to leave a comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *