Hukum Mengangkat Kedua Tangan dalam Takbir-takbir Salat Jenazah dan Dua Hari Raya

ismail  

حكم رفع اليدين في تكبيرات صلاتي الجنازة والعيدين

Syekh ‘Abdul ‘Aziz bin ‘Abdullah bin Baz rahimahullah

السؤال:

Pertanyaan:

هل الصحيح رفع اليدين في كل تكبيرة في صلاة الجنازة، أم يكبر بدون رفع اليدين، وكذلك في صلاة العيدين؟

Apakah yang benar mengangkat kedua tangan pada setiap takbir dalam salat jenazah atau bertakbir tanpa mengangkat kedua tangan? Bagaimana pula dalam salat dua hari raya?

الجواب:

Jawaban:

الأفضل الرفع، وإن لم يرفع؛ فلا بأس، والأفضل الرفع؛ لأن الرسول ﷺ كان يرفع في تكبيرات الجنازة، ومثلها تكبيرات العيد، السنة الرفع؛ لأنها تكبير عن قيام، فأشبه تكبير الاستفتاح، وتكبير الركوع، يرفع في الصلوات كلها، إذا كبر رفع، وإذا كبر للركوع رفع، فالأفضل في التكبير للجنازة أن يرفع، وبعض أهل العلم قال: يرفع في الأولى فقط.

Yang afdal adalah mengangkat tangan. Jika dia tidak mengangkat tangan, tidak mengapa. Namun yang afdal adalah mengangkat tangan karena Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam dahulu mengangkat tangan dalam takbir-takbir salat jenazah. Semisal itu pula dalam takbir-takbir salat id. Yang sunah adalah mengangkat tangan karena ini adalah takbir ketika berdiri sehingga menyerupai takbir pembukaan dan takbir rukuk yang mana kedua tangan diangkat pada seluruh salat. Ketika dia bertakbir (pembukaan), dia mengangkat tangan dan ketika bertakbir untuk rukuk, dia mengangkat tangan. Jadi yang afdal dalam takbir salat jenazah adalah mengangkat tangan. Namun sebagian ulama berpendapat mengangkat tangan hanya di takbir pertama.

والصواب: أن الأفضل يرفع في الجميع في جميع تكبيرات الجنازة، وتكبيرات العيد. نعم.

Yang benar bahwa yang afdal adalah mengangkat tangan dalam seluruh takbir baik salat jenazah maupun salat hari raya.

المقدم: جزاكم الله خيرًا سماحة الشيخ.

Pembawa acara: Semoga Allah membalas kebaikan kepada Anda wahai syekh.


Sumber: https://binbaz.org.sa/fatwas/11534/%D8%AD%D9%83%D9%85-%D8%B1%D9%81%D8%B9-%D8%A7%D9%84%D9%8A%D8%AF%D9%8A%D9%86-%D9%81%D9%8A-%D8%AA%D9%83%D8%A8%D9%8A%D8%B1%D8%A7%D8%AA-%D8%B5%D9%84%D8%A7%D8%AA%D9%8A-%D8%A7%D9%84%D8%AC%D9%86%D8%A7%D8%B2%D8%A9-%D9%88%D8%A7%D9%84%D8%B9%D9%8A%D8%AF%D9%8A%D9%86

1 thought on “Hukum Mengangkat Kedua Tangan dalam Takbir-takbir Salat Jenazah dan Dua Hari Raya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *