Akhlak Penuntut Ilmu Bersama Ulama Mereka

ismail  

أخلاق طلاب العلم مع علمائهم

Syekh ‘Abdul ‘Aziz bin ‘Abdullah bin Baz rahimahullah

السؤال:

Pertanyaan:

صدر من بعض طلبة العلم كتيب ينقد فيه الحافظ ابن حجر في الفتح، فما رأيكم في هذا، وهل عند سماحتكم وقت لإكمال تحقيق هذا الكتاب العظيم..؟ جزاكم الله خيرًا.

Ada sebuah kitab kecil yang muncul dari sebagian penuntut ilmu. Isinya mengkritik Al-Hafizh Ibnu Hajar pada karyanya Fath Al-Bari. Apa pendapatmu dalam masalah ini? Apakah Anda memiliki waktu untuk menyelesaikan tahkik kitab yang mulia ini? Semoga Allah membalas Anda dengan kebaikan.

الجواب:

Jawaban:

ما أعرف هذا الكتاب ولم أقف عليه، فيما أعتقد، والحافظ ابن حجر رحمه الله وغيره من أهل العلم ليس معصومًا عن الخطأ، ولم يعصم أي واحد منهم. ولقد كتبت على الفتح بعض الشيء من أوله إلى كتاب الحج، ولاحظت عليه بعض الشيء من أوله إلى كتاب الحج، ولاحظت عليه بعض الملاحظات رحمه الله.

Aku tidak mengetahui kitab ini dan belum bisa menyikapinya. Al-Hafizh Ibnu Hajar rahimahullah dan ulama selain beliau bukan orang yang maksum dari kesalahan. Tidak ada satupun ulama yang maksum. Aku telah menulis sedikit terhadap Fath Al-Bari dari awal sampai kitab haji. Aku juga telah membuat beberapa catatan terhadap beliau rahimahullah.

فالمقصود أنه ليس معصومًا، ولم يعصم من هو أكبر منه، فإذا ظهر الحق، فالحق هو ضالة المؤمن، فإذا قام الدليل على مسألة من المسائل، وجب الأخذ بما قام عليه الدليل من كتاب الله أو سنة رسوله ﷺ، وإن خالف إمامًا كبيرًا، أكبر من الحافظ ابن حجر، بل وإن خالف بعض الصحابة،

Maksud saya bahwa beliau bukan orang maksum. Bahkan orang yang lebih mulia daripada beliau pun tidak maksum. Ketika kebenaran datang, maka kebenaran adalah barang berharga yang hilang milik seorang mukmin. Apabila dalil terhadap suatu permasalahan sudah jelas baginya, wajib melaksanakan hukum syariat yang ditunjukkan oleh dalil dari Alquran dan sunah Rasul-Nya shallallahu ‘alaihi wa sallam walaupun dia menyelisihi seorang imam besar. Walaupun lebih besar daripada Al-Hafizh Ibnu Hajar dan walaupun menyelisihi sebagian sahabat.

فالله يقول: فَإِن تَنَازَعْتُمْ فِي شَيْءٍ فَرُدُّوهُ إِلَى اللّهِ وَالرَّسُولِ [النساء:59]، ولم يقل سبحانه ردوه إلى فلان أو فلان، بل قال: فَرُدُّوهُ إِلَى اللّهِ وَالرَّسُولِ إِن كُنتُمْ تُؤْمِنُونَ بِاللّهِ وَالْيَوْمِ الآخِرِ ذَلِكَ خَيْرٌ وَأَحْسَنُ تَأْوِيلًا، وقال سبحانه: وَمَا اخْتَلَفْتُمْ فِيهِ مِن شَيْءٍ فَحُكْمُهُ إِلَى اللَّهِ [الشورى:10].

Allah berfirman, “Jika kalian berselisih dalam suatu perkara, kembalikanlah kepada Allah dan Rasul.” (QS. An-Nisa`: 59).

Allah subhanah tidak mengatakan: kembalikanlah kepada orang ini atau orang itu; bahkan berfirman, “Kembalikanlah kepada Allah dan Rasul jika kalian beriman kepada Allah dan hari akhir. Yang demikian itu lebih baik dan lebih bagus akibatnya.”

Allah subahanah juga berfirman, “Apa saja yang kalian perselisihkan, hukumnya kembali kepada Allah.” (QS. Asy-Syura: 10).

لكن لا بد من التثبت واحترام أهل العلم، والتأدب معهم، فإذا وجد المرء قولًا ضعيفًا عن أحد الأئمة أو العلماء أو المحدثين المعتبرين، فإن ذلك لا ينقص من قدرهم، وعليه أن يحترم أهل العلم، والتأدب معهم، ويتكلم بالكلام الطيب، ولا يسبهم ولا يحتقرهم، ولكن يبيّن الحق بالدليل مع دعائه للعالم، والترحم عليه، وسؤال الله أن يعفو عنه.

Akan tetapi harus tetap melakukan klarifikasi, menghormati ulama, dan beradab terhadap mereka. Apabila seorang mendapati ada pendapat yang lemah dari salah satu imam atau ulama atau ahli hadis yang terpandang, hal itu tidak mengurangi kadar kemuliaan mereka. Dia tetap harus memuliakan ulama dan beradab terhadap mereka. Dia berbicara tentang mereka dengan ucapan yang baik. Dia tidak boleh mencela dan melecehkan mereka. Namun dia menerangkan kebenaran dengan dalil disertai doa kepada alim tersebut dan meminta kepada Allah agar memaafkannya.

هكذا يجب أن تكون أخلاق أهل العلم مع أهل العلم، يقدرون أهل العلم لمكانتهم، ويعرفون لهم قدرهم ومحلهم وفضلهم.

Sikap inilah yang wajib menjadi akhlak ulama terhadap ulama. Dia menghormati ulama karena kedudukan mereka. Dia juga mengerti akan kemuliaan dan keutamaan mereka.

ولكن لا يمنعهم هذا من أن ينبهوا على الخطأ إذا وجدوا خطأً ظاهرًا، سواء كان من العلماء المتقدمين أو المتأخرين، ولم يزل أهل العلم يرد بعضهم على بعض إلى يومنا هذا، وإلى يوم القيامة.

Tetapi ini tidak sampai menghalangi mereka untuk memperingatkan dari kesalahan jika mereka mendapati kesalahan yang tampak. Sama saja apakah kesalahan itu dari ulama yang terdahulu atau belakangan. Para ulama terus-menerus saling menyanggah satu sama lain hingga masa kita ini dan sampai hari kiamat kelak.

يقول الإمام مالك رحمه الله: (ما منا إلا رادّ ومردود عليه، إلا صاحب هذا القبر)، يعني رسول الله ﷺ.
وقال الإمام الشافعي رحمه الله: (أجمع الناس على أن من استبانت له سنة رسول الله ﷺ، لم يكن له أن يدعها لقول أحد من الناس).

Imam Malik rahimahullah berkata, “Tidak ada di antara kita kecuali menjadi orang yang membantah atau yang dibantah kecuali penghuni kubur ini.” Yakni Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam.

Imam Asy-Syafi’i rahimahullah berkata, “Manusia telah sepakat bahwa barang siapa yang sudah mendapat kejelasan akan sunah Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam, dia tidak boleh meninggalkannya karena pendapat seorangpun.”

وقال الإمام أحمد رحمه الله: (عجبت لقوم عرفوا الإسناد وصحته -يعني عن النبي ﷺ- يذهبون إلى رأي سفيان، يعني الثوري).

Imam Ahmad rahimahullah berkata, “Aku heran dengan orang-orang yang sudah mengerti sanad dan kesahihannya–dari Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam–lalu mereka malah memilih pendapat Sufyan (yakni Ats-Tsauri).”

وسفيان رحمه الله: إمام عظيم، ومع هذا أنكر أحمد على من يترك الحديث، ويذهب إلى رأيه، ثم قرأ الإمام أحمد رحمه الله قوله تعالى: فَلْيَحْذَرِ الَّذِينَ يُخَالِفُونَ عَنْ أَمْرِهِ أَن تُصِيبَهُمْ فِتْنَةٌ أَوْ يُصِيبَهُمْ عَذَابٌ أَلِيمٌ [النور:63].

Sufyan rahimahullah adalah imam besar. Bersamaan dengan itu Imam Ahmad mengingkari orang yang meninggalkan hadis dan memilih pendapat Sufyan. Kemudian Imam Ahmad rahimahullah membaca firman Allah taala, “Orang-orang yang menyelisihi perintahnya hendaknya takut fitnah atau siksa yang pedih akan menimpa mereka.” (QS. An-Nur: 63).

وقال الإمام أبو حنيفة رحمه الله: (إذا جاء الحديث عن رسول الله ﷺ فعلى العين والرأس، وإذا جاء عن الصحابة ، فعلى العين والرأس، وإذا جاء عن التابعين فنحن رجال وهم رجال). وكلام أهل العلم في هذا الباب كثير، وبالله التوفيق[1].

Imam Abu Hanifah rahimahullah berkata, “Apabila hadis dari Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam sudah datang, kita terima dengan sukacita. Apabila riwayat dari sahabat sudah datang, kita terima dengan sukacita. Apabila riwayat dari tabiin sudah datang, kita adalah lelaki sebagaimana mereka juga lelaki.” Ucapan ulama dalam masalah ini ada banyak. Hanya Allah yang memberi taufik.

هذان السؤالان ضمن أسئلة محاضرة سماحة الشيخ بمسجد الراجحي بالرياض في شهر ذي القعدة من عام 1411هـ.

Dua pertanyaan ini diajukan dalam sesi tanya jawab ceramah umum Syekh Ibnu Baz di masjid Ar-Rajihi di Riyadh bulan Zulkaidah 1411 H.

Sumber: https://binbaz.org.sa/fatwas/19989/%D8%A7%D8%AE%D9%84%D8%A7%D9%82-%D8%B7%D9%84%D8%A7%D8%A8-%D8%A7%D9%84%D8%B9%D9%84%D9%85-%D9%85%D8%B9-%D8%B9%D9%84%D9%85%D8%A7%D9%89%D9%87%D9%85#:~:text=%D9%87%D9%83%D8%B0%D8%A7%20%D9%8A%D8%AC%D8%A8%20%D8%A3%D9%86%20%D8%AA%D9%83%D9%88%D9%86%20%D8%A3%D8%AE%D9%84%D8%A7%D9%82,%D9%8A%D9%88%D9%85%D9%86%D8%A7%20%D9%87%D8%B0%D8%A7%D8%8C%20%D9%88%D8%A5%D9%84%D9%89%20%D9%8A%D9%88%D9%85%20%D8%A7%D9%84%D9%82%D9%8A%D8%A7%D9%85%D8%A9.

Be the first to leave a comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *