Mengenal Sufi

ismail  

التعريف بالصوفية

Syekh ‘Abdullah bin ‘Abdul ‘Aziz bin Baz rahimahullah

السؤال:

Pertanyaan:

المستمع بشير شداد بعث يسأل ويقول: من هم الصوفيون؟ وما موقف الإسلام منهم؟جزاكم الله خيرًا.

Pendengar bernama Basyir Syaddad mengirim pertanyaan: Siapakah orang-orang sufi? Apa pendirian Islam terhadap mereka? Semoga Allah membalas Anda dengan kebaikan.

الجواب:

Jawaban:

الصوفيون جماعات اشتهروا بإحداث طرق في العبادة والتنسك ما شرعها الله في صلواتهم، وفي أذكارهم، وفي خلواتهم، يقال لهم الصوفية،

Orang-orang sufi adalah kelompok-kelompok yang terkenal mengadakan cara-cara baru dalam ibadah yang tidak Allah syariatkan dalam salat mereka, zikir mereka, dan khalwat mereka. Mereka disebut kelompok shufiyyah.

قال بعضهم: معناه من التصوف؛ لأنهم يلبسون الصوف، وقال بعضهم: إنها من الصفا، وأن النسبة غير لغوية، يعني: غير مستقيمة على الطريق السوي في النسبة، وأنها من الصفا، وأنهم يعتنون بصفاء القلوب من الكدر .. من كدر الذنوب، وكدر الكسب الحرام، ونحو ذلك.

Sebagian mereka berpendapat: Makna kata shufiyyah dari kata tashawwuf, yakni karena mereka mengenakan pakaian dari shuf (bulu domba). Sebagian mereka ada yang berpendapat: Shufiyyah dari kata ash-shafa namun hubungan ini bukan secara bahasa karena kata shufiyyah bukan turunan yang benar dari kata ash-shafa. Mereka memaksudkan ash-shafa dengan bersihnya kalbu dari noda. Baik dari noda dosa, noda usaha yang haram, dan yang semacam itu.

فالتصوف: هو التعبد على طريقة خاصة، لم تأت بها الشريعة؛ ولهذا غلب على المتصوفة البدع، ويسمى الزاهد الذي يحرص على التفرغ للعبادة، والزهد في الدنيا، وطلبها يسمى -أيضًا-: صوفي.

Jadi tashawwuf adalah peribadahan dengan cara khusus yang tidak ada dalam syariat. Oleh karena itu, berbagai bidah mendominasi pengikut shufiyyah. Orang zuhud yang berusaha untuk fokus ibadah dan zuhud dalam mencari dunia juga disebut sufi.

لكن إذا كان ما أحدث بدعة، وإنما صفته الزهد والرغبة في الآخرة، والتقلل من الدنيا، والحرص على أعمال الآخرة، هذا ما يسمى صوفيًا في الحقيقة، يسمى زاهدًا.

Tetapi apabila seseorang tidak membuat bidah. Dia hanya memiliki sifat zuhud dan mencintai akhirat, memandang dunia sebagai sesuatu yang hina, dan bersemangat terhadap amalan akhirat. Orang yang demikian yang benar tidak dinamakan sufi. Dia dinamakan orang yang zuhud.

فإذا كان زهده لا يوقعه فيما حرم الله، ولا يزيد في أعماله على ما أوجب الله، ولا يبتدع، بل يتحرى الشريعة في أعماله وأقواله؛ فهذا مشكور، ويثنى عليه كـالجنيد بن محمد، وأبي سليمان الداراني، وبشر الحافي، وجماعة اجتهدوا في العبادة والزهد في الدنيا، هؤلاء يثنى عليهم كثيرًا؛ من أجل زهدهم، ورغبتهم في الآخرة، وعدم ابتداعهم. نعم.

Apabila kezuhudannya tidak menjerumuskannya dalam perkara yang Allah haramkan, tidak pula menambahi amalannya lebih dari yang Allah syariatkan, tidak melakukan bidah, bahkan dia berusaha mencocoki syariat dalam amalan dan ucapannya, ini adalah hal yang disyukuri dan dipuji. Seperti tokoh yang bernama Al-Junaid bin Muhammad, Abu Sulaiman Ad-Darani, Bisyr Al-Hafi. Juga orang-orang yang bersungguh-sungguh dalam ibadah dan zuhud di dunia. Mereka ini sangat dipuji karena kezuhudan mereka dan kecintaan mereka kepada akhirat tanpa membuat kebidahan.

المقدم: جزاكم الله خيرًا.

Pembawa acara: Semoga Allah membalas Anda dengan kebaikan.

Sumber: https://binbaz.org.sa/fatwas/11736/%D8%A7%D9%84%D8%AA%D8%B9%D8%B1%D9%8A%D9%81-%D8%A8%D8%A7%D9%84%D8%B5%D9%88%D9%81%D9%8A%D8%A9

Be the first to leave a comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *