Hukum Tilawah Alquran secara Berjemaah

ismail  

حكم تلاوة القرآن بصورة جماعية

Syekh ‘Abdul ‘Aziz bin ‘Abdullah bin Baz rahimahullah

السؤال: وردت إلى البرنامج رسالة من جماعة المسلمين بمسجد عمر الفاروق في هولندا، تحمل السؤال التالي: ما هو رأي الدين في تلاوة القرآن بصورة جماعية بعد صلاة الصبح والمغرب، حيث أن بعض الإخوة قالوا لنا بأنها بدعة، أفيدونا أفادكم الله؟

Pertanyaan:

Sebuah surat datang ke program ini dari sekumpulan kaum muslimin di masjid ‘Umar Al-Faruq di Belanda berisikan pertanyaan berikut:

Apa sebenarnya pandangan agama Islam tentang tilawah Alquran secara berjemaah setelah salat Subuh dan Magrib karena sebagian saudara kami mengatakan kepada kami bahwa hal itu adalah bidah? Berilah faedah kepada kami, semoga Allah memberi faedah kepada Anda.

الجواب: تلاوة القرآن الكريم من العبادات التي شرعها الله لعباده وبيَّنها رسوله ﷺ، وكان رسول الله ﷺ يقرأ القرآن وأصحابه يستمعون؛ ليستفيدوا مما يقول لهم ويفسره لهم عليه الصلاة والسلام،

Jawaban:

Tilawah Alquran termasuk ibadah yang disyariatkan oleh Allah kepada para hamba-Nya dan diterangkan oleh Rasul-Nya shallallahu ‘alaihi wa sallam. Dahulu, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam membaca Alquran sementara para sahabat beliau menyimak dengan tujuan mereka mengambil faedah dari perkataan beliau kepada mereka dan penafsiran beliau ‘alaihish shalatu was salam.

وربما أمر بعض أصحابه أن يقرأ القرآن وهو يستمع عليه الصلاة والسلام، ولم يكن من سنته ولا من سنة أصحابه وطريقتهم أن يتلوا القرآن جميعًا بصوت واحد ليس هذا من سنتهم، وليس هذا من فعله عليه الصلاة والسلام.

Terkadang beliau menyuruh sebagian sahabatnya untuk membaca Alquran dan beliau ‘alaihish shalatu was salam menyimak. Bukan termasuk sunah Nabi dan bukan pula termasuk sunah para sahabatnya dan metode mereka, membaca Alquran bersama-sama dengan satu suara (serempak). Ini bukan termasuk sunah mereka. Ini juga bukan merupakan perbuatan Nabi ‘alaihish shalatu was salam.

فالذين قالوا: إنه بدعة، هم مصيبون؛ لأن هذا لا أصل له.

Jadi orang yang mengatakan bahwa hal itu bidah, mereka itulah yang benar karena perbuatan tersebut tidak memiliki dasar dalilnya.

لكن ذكر العلماء أن هذا مع الصبيان الصغار والمتعلمين على طريق التعليم حتى يستقيم لسانهم جميعًا، يعفى عنه في طريق التعليم ….. مع الصبيان من يتعلمون في المدارس إذا رأى الأستاذ يتكلمون جميعًا حتى يعتدل الصوت وحتى تستقيم التلاوة من الصبيان الصغار في باب التعلم فهذا نرجو أن لا حرج فيه؛ لما فيه من العناية بالتعليم والحرص على استقامة الأصوات وحسن الأداء.

Tetapi para ulama menyebutkan jika perbuatan ini dilakukan bersama anak-anak kecil dan orang-orang yang masih belajar dalam rangka pengajaran supaya lisan mereka semuanya dapat tepat dalam pengucapannya, ini dimaafkan dalam rangka pengajaran. Jadi jika ada ustaz yang memandang agar anak-anak dan para pelajar di madrasah membaca bersama-sama hingga suara dan tilawah mereka benar dalam rangka pembelajaran, yang demikian kami harap tidak masalah. Karena cara ini membantu pembelajaran dan membuat semangat agar berucap dengan baik dan benar.

أما فيما بين الناس في التلاوة في المساجد أو في غير المساجد، في الصباح أو في المساء أو في أي مكان يتلون القرآن جميعًا فهذا لا نعلم له أصلًا، وقد قال عليه الصلاة والسلام: من عمل عملًا ليس عليه أمرنا فهو رد فنصيحتي أن لا يفعل ذلك.

Adapun yang terjadi di masyarakat, berupa tilawah di masjid atau tempat lain, baik di pagi atau sore hari, di tempat manapun itu, dengan cara mereka membaca Alquran bersamaan, yang demikian ini kami tidak mengetahui dasar hukumnya. Sementara itu Nabi ‘alaihish shalatu was salam bersabda, “Barang siapa melakukan suatu amalan ibadah yang tidak ada perintahnya dari kami, maka amalan tersebut tertolak.”

Jadi aku nasehatkan agar tidak melakukan hal itu.

Sumber: https://binbaz.org.sa/fatwas/7607/%D8%AD%D9%83%D9%85-%D8%AA%D9%84%D8%A7%D9%88%D8%A9-%D8%A7%D9%84%D9%82%D8%B1%D8%A7%D9%86-%D8%A8%D8%B5%D9%88%D8%B1%D8%A9-%D8%AC%D9%85%D8%A7%D8%B9%D9%8A%D8%A9

Be the first to leave a comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *