Hukum Mengulang Umrah di Musim yang Sama

ismail  

حكم تكرار العمرة في نفس الموسم

السؤال:

إذا أتى الشخص إلى مكة المكرمة لأداء الحج أو العمرة فهل يجوز له بعد الانتهاء من حجته أو عمرته أن يؤدي عمرة أخرى له أو لغيره في نفس هذا الموسم الذي أتى فيه، بحيث يخرج من مكة إلى التنعيم للإحرام ثم يقضي هذه العمرة؟ أرجو الإفادة بارك الله فيكم.

Pertanyaan:

Apabila seseorang datang ke Makkah kota yang mulia untuk menunaikan ibadah haji atau umrah, apakah setelah selesai dari haji dan umrahnya, dia boleh melakukan umrah yang lain untuk dirinya atau untuk orang lain di musim itu juga? Yaitu di musim yang sama dengan kedatangannya. Caranya, dia keluar dari Makkah menuju Tan’im untuk ihram kemudian mengerjakan umrah ini. Saya mengharapkan faedahnya. Semoga Allah memberkahi Anda.

الجواب:

لا حرج في ذلك والحمد لله إذا قدم للعمرة أو للحج فحج عن نفسه أو اعتمر عن نفسه أو حج عن غيره أو اعتمر عن غيره وأحب أن يأخذ عمرة أخرى لنفسه أو لغيره فلا حرج في ذلك،

Jawaban:

Hal itu tidak masalah. Alhamdulillah. Jika dia datang untuk umrah atau haji, lalu dia haji untuk dirinya, atau umrah untuk dirinya, atau haji untuk selain dia, atau umrah untuk selain dia, dan dia senang untuk melaksanakan umrah yang lain untuk dirinya atau untuk selain dia, hal itu tidak masalah.

لكن يأخذها من الحل يخرج من مكة إلى الحل، التنعيم أو الجعرانة أو غيرهما فيحرم من هناك ثم يدخل فيطوف ويسعى ويقصر، سواء عن نفسه أو عن ميت من أقاربه وأحبابه أو عن عاجز شيخ كبير أو عجوز كبيرة عاجزين عن العمرة فلا بأس.

Tetapi, dia mulai melakukannya dari tanah halal. Dia keluar dahulu dari Makkah menuju tanah halal seperti Tan’im, Ji’ranah, atau selainnya lalu dia ihram dari sana. Kemudian baru masuk, tawaf, sai, lalu cukur. Sama saja baik ibadah itu untuk dirinya atau diatasnamakan untuk kerabat dan orang yang dia cintai yang sudah meninggal, atau untuk kakek nenek yang sudah tua renta yang sudah tidak mampu umrah. Yang seperti ini tidak mengapa.

وقد فعلت هذا عائشة بأمر النبي ﷺ فإنها اعتمرت مع النبي ﷺ ثم استأذنت في ليلة الحصبة ليلة ثلاثة عشر.. ليلة أربعة عشر استأذنت بل ليلة ثلاثة عشر استأذنت في ليلة الحصبة وهي مساء اليوم الثالث ليلة أربعة عشر استأذنت أن تعتمر فأذن لها عليه الصلاة والسلام،

‘Aisyah telah melakukan hal ini dengan perintah Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam. ‘Aisyah berumrah bersama Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam kemudian meminta izin di malam al-hashbah yaitu di petang hari ketiga, malam empat belas. ‘Aisyah meminta izin umrah, lalu Rasulullah ‘alaihish shalatu was salam mengizinkannya.

وأمر عبد الرحمن بن أبي بكر وهو أخوها أن يذهب معها إلى التنعيم فاعتمرت رضي الله عنها، وهذه عمرة ثانية من داخل مكة.

Rasulullah memerintahkan ‘Abdurrahman bin Abu Bakr, saudaranya, untuk pergi bersama ‘Aisyah ke Tan’im. Lalu ‘Aisyah radhiyallahu ‘anha berumrah. Ini adalah umrah keduanya yang dilakukan dari dalam kota Makkah.

فالحاصل: أنه لا حرج أن يؤدي الإنسان الحج عن نفسه أو العمرة عن نفسه ثم يعتمر لشخص آخر أو يعتمر عن غيره أو يحج عن غيره ثم يعتمر لنفسه لا حرج في ذلك. نعم.

Kesimpulannya: Tidak masalah seseorang menunaikan haji untuk dirinya atau umrah untuk dirinya kemudian melakukan umrah untuk orang lain. Atau melakukan umrah untuk orang lain atau haji untuk orang lain kemudian melakukan umrah untuk dirinya. Hal itu tidak masalah.

المقدم: جزاكم الله خيرًا. إذا كانت العمرة الأولى والثانية لنفسه فهل تشترطون فاصلًا زمنيًا معينًا؟

Pembawa acara: Semoga Allah membalas kebaikan kepada Anda. Apabila umrah pertama dan kedua untuk dirinya sendiri, apakah disyaratkan ada waktu pemisah tertentu?

الشيخ: ليس هناك دليل، بعض أهل العلم كره تقارب العمرتين لكن ليس عليه دليل، يقول النبي ﷺ: العمرة إلى العمرة كفارة لما بينهما، والحج المبرور ليس له جزاء إلا الجنة متفق على صحته، ولم يقل: بينهما كذا ولا كذا،

Syekh: Di sana tidak ada dalil. Sebagian ulama membenci dua umrah yang waktunya berdekatan, namun ini tidak ada dalilnya. Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Umrah ke umrah berikutnya merupakan kafarat dosa antara keduanya. Haji mabrur, tidak ada balasannya melainkan janah.” Kesahihan hadis ini disepakati. Beliau tidak bersabda, “Di antara keduanya ada jeda waktu sekian atau sekian.”

وعائشة رضي الله عنها اعتمرت بعد عمرتها الأولى بأقل من عشرين يومًا، اعتمرت في أول ذي الحجة .. في آخر.. لبت بالعمرة في آخر ذي القعدة من المدينة وكملت حجها مع النبي ﷺ قارنة؛ لأنها منعها الحيض من أداء العمرة فحجت قارنة،

‘Aisyah radhiyallahu ‘anha melakukan umrah setelah umrah pertamanya kurang dari dua puluh hari. Beliau mulai umrah di akhir bulan Zulkaidah dari Madinah dan menyempurnakan hajinya bersama Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam dengan cara kiran karena haid menghalanginya dari menunaikan umrah sehingga ‘Aisyah melakukan haji kiran.

ثم استأذنت في العمرة الجديدة في ليلة الحصبة ليلة أربعة عشر وقالت: “إنكم تنطلقون بحجة وعمرة -يعني: مفردين- وأنا أنطلق بحج” يعني: حج معه عمرة مقرونة فأذن لها النبي ﷺ واعتمرت.

Kemudian ‘Aisyah meminta izin untuk mengerjakan umrah yang baru di malam hashbah, yaitu malam keempat belas dan berkata, “Sesungguhnya kalian berangkat pulang sudah melakukan haji dan umrah.” Yakni orang-orang yang melakukan haji ifrad. “Sedangkan aku berangkat pulang hanya melakukan haji saja.” Yakni haji kiran (haji disertai umrah sekaligus).

Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam mengizinkannya. ‘Aisyah pun melakukan umrah.

المقصود: ليس على اشتراط مدة بين العمرتين ليس هناك دليل واضح، وإطلاق النبي ﷺ حين قال: العمرة إلى العمرة كفارة لما بينهما يعم القليل والكثير،

Maksudnya adalah tidak ada persyaratan jeda waktu tertentu antara dua umrah. Tidak ada dalil yang gamblang dalam masalah ini. Pemutlakan Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam ketika bersabda, “Umrah ke umrah berikutnya merupakan kafarat dosa di antara keduanya,” meliputi jeda waktu singkat maupun lama.

لكن إذا كان هناك زحمة أو مشقة فالأولى ترك ذلك حتى لا يشق على غيره أيام الحج يكون مشقة فإذا كثر المعتمرون شقوا على الناس فترك ذلك أولى؛ ولأن النبي ﷺ وأصحابه لم يعتمروا بعد الحج ما عدا عائشة،

Tetapi apabila di sana ada kerumunan orang berjejalan atau kepayahan, lebih baik dia tidak melakukannya hingga dia tidak menyulitkan orang lain. Di hari-hari haji biasanya ada kesulitan. Sehingga apabila orang-orang yang melakukan umrah sangat banyak, tentu akan menyulitkan jemaah haji, sehingga lebih baik untuk tidak melakukan hal itu. Juga karena Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam dan para sahabatnya selain ‘Aisyah tidak melakukan umrah setelah menyelesaikan haji.

بل سيكتفوا بعمرتهم الأولى فإذا تأسى بهم المؤمن وترك العمرة هذا أفضل، وإن اعتمر بعدما يخف الناس وتقل الزحمة فلا حرج في ذلك.

Bahkan mereka mencukupkan dengan umrah yang pertama. Sehingga apabila seorang mukmin mencontoh mereka dan tidak melakukan umrah (kedua), ini merupakan hal yang afdal. Jika dia melakukan umrah ketika jumlah orang di situ sudah berkurang dan kerumunan orang sudah jarang, tidak mengapa dia melakukannya.

المقدم: بارك الله فيكم، وجزاكم الله خيرًا.

Pembawa acara: Semoga Allah memberkahi Anda. Semoga Allah membalas kebaikan kepada Anda.

Sumber: https://binbaz.org.sa/fatwas/12595/%D8%AD%D9%83%D9%85-%D8%AA%D9%83%D8%B1%D8%A7%D8%B1-%D8%A7%D9%84%D8%B9%D9%85%D8%B1%D8%A9-%D9%81%D9%8A-%D9%86%D9%81%D8%B3-%D8%A7%D9%84%D9%85%D9%88%D8%B3%D9%85

Be the first to leave a comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *