Hukum Lewat di Hadapan Orang yang Salat dan Jarak Sutrah

ismail  

حكم المرور بين يدي المصلي ومقدار السترة

السؤال: سؤاله الآخر يقول: هل المرور أمام أوجه المصلين حرام في جميع المساجد، وأيضاً في المسجد الحرام يحدث كثيراً؟ نرجو التوجيه وفقكم الله.

Pertanyaan:

Pertanyaan lainnya. Penanya berkata: Apakah lewat di hadapan orang-orang yang salat hukumnya haram di semua masjid? Apa juga termasuk di Masjidilharam, padahal hal ini sering terjadi? Kami mengharapkan arahan Anda. Semoga Allah memberi taufik kepada Anda.

الجواب: ليس للمسلم أن يمر بين المصلين أمامهم؛ لأن النبي ﷺ قال: لو يعلم المار بين يدي المصلي ماذا عليه لكان أن يقف أربعين خيراً له من أن يمر بين يديه فليس للمسلم أن يمر بين يدي إخوانه وهم يصلون،

Jawaban:

Tidak boleh bagi seorang muslim untuk lewat di hadapan orang-orang yang sedang salat, karena Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Andai orang yang lewat di hadapan orang yang salat mengetahui dosa yang akan menimpanya, niscaya dia berhenti berdiri selama empat puluh lebih baik baginya daripada dia melewati orang yang salat.”

Jadi seorang muslim tidak boleh untuk lewat di hadapan saudara-saudaranya yang sedang salat.

إذا كان الإمام لم يقم الصلاة، يصلون النوافل، ينتظرون الصلاة أو بعد الصلاة، ليس له أن يمر بين أيديهم، بل يسلك مسلكاً آخر حيث أمكن، حيث يلتمس الموقف مع المصلين على طريقة لا يمر بها بين يدي المصلي قريباً منه،

Apabila imam belum melaksanakan salat berjemaah, sedangkan mereka melaksanakan salat sunah sembari menunggu salat jemaah atau mereka salat sunah setelah salat jemaah, dia tidak boleh lewat di hadapan mereka. Namun, dia harus melalui jalan lain yang memungkinkan. Dia mencari jalan yang tidak lewat di dekat di hadapan orang yang sedang salat.

أما إذا كان بعيداً منه فلا يضره ذلك، أو أمامه سترة، بين المصلي وبينه سترة، فلا بأس بذلك، وهكذا إذا كان الناس في الصلاة قد أقيمت الصلاة، فلا بأس يمر بين يدي المصلين وهم في الصلاة؛ لأنهم مستورون بالإمام؛ بسترة الإمام،

Adapun jika jalan itu jauh dari orang yang salat, atau ada sutrah di depannya, di antara dia dengan orang yang salat ada sutrah, tidak mengapa lewat. Begitu pula jika kaum muslimin dalam salat yang sedang dilaksanakan, tidak mengapa lewat di hadapan orang-orang yang salat ketika mereka sedang salat karena mereka tertutupi oleh imam. Yakni dengan sutrah imam.

فلا يضر من مر بين أيديهم وهم يصلون خلف الإمام، ولكن لا يمر بين يدي المصلي فرداً، أو بين يدي الإمام، ولا يمر بينه وبين السترة أيضاً، بل يكون بعيداً عن ذلك، أو من وراء السترة لا بأس، للحديث السابق. نعم.

Jadi, tidak masalah jika ada yang lewat di hadapan mereka ketika mereka sedang salat bermakmum di belakang imam. Tetapi, tidak boleh lewat di hadapan orang yang salat sendirian atau lewat di hadapan imam. Tidak boleh pula lewat di antara orang yang salat dengan sutrah. Hendaknya dia menjauhinya atau di belakang sutrah tidak mengapa berdasarkan hadis yang lalu.

المقدم: سماحة الشيخ! ممكن نعرف مقدار قبلة الشخص التي ممكن أن يمر الإنسان بعدها؟

Pembawa acara: Wahai syekh yang mulia, barangkali kami bisa mengetahui jarak (sutrah) kiblat seseorang sehingga memungkinkan orang untuk lewat di belakangnya.

الشيخ: اختلف العلماء في هذا، وأحسن ما قيل في ذلك: أنه إذا كان أبعد من ثلاثة أذرع من قدم المصلي فلا يضر؛ لأنه إذا أراد أن يرده يحتاج إلى خطوات، يحتاج إلى أن يتقدم خطوات، وكان النبي ﷺ (لما صلى في الكعبة جعل بينه وبين الجدار ثلاثة أذرع)،

Syekh: Para ulama berbeda pendapat dalam hal ini. Pendapat yang paling baik adalah apabila lebih jauh daripada jarak tiga hasta dari telapak kaki orang yang salat, tidak mengapa. Karena jika orang yang salat hendak mencegah orang yang lewat, dia butuh maju beberapa langkah. Dahulu Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam ketika salat di Kakbah, beliau mengambil jarak antara beliau dengan dinding sejauh tiga hasta.

فإذا كان بعيداً عن محل المصلي ثلاثة أذرع فأكثر بعيداً عنه فلا يضر ذلك، ولكن الأولى بالمصلي أن يتخذ سترة، إذا تيسر له سترة يتخذ سترة، كالسارية، والجدار، أو عصا يركزها، أو ما أشبه ذلك إذا تيسر له ذلك حتى يوسع على الناس في المرور ولا يحرجهم،

Apabila dia berada lebih jauh dari jarak tiga hasta dengan orang yang salat, tidak mengapa lewat. Tetapi yang lebih utama bagi orang yang salat untuk menghadap ke sutrah. Jika mudah baginya untuk menghadap sutrah, hendaknya dia lakukan, seperti tiang, tembok, tongkat yang ditancapkan, atau yang serupa itu, jika mudah baginya. Sehingga membuat manusia leluasa untuk lewat dan tidak menyulitkan mereka.

والذي يرى السترة ليس له أن يمر بينها وبين المصلي بل يمر من ورائها؛ كان النبي صلى الله عليه وسلم يتخذ سترة في أسفاره وفي الحضر عليه الصلاة والسلام، ويقول ﷺ: إذا صلى أحدكم فليصل إلى سترة وليدن منها فاتخاذ سترة سنة مؤكدة، والدنو منها سنة أيضاً، وليست واجبة لكنها سنة. نعم..

Bagi yang melihat ada sutrah, dia tidak boleh lewat di antara sutrah dengan orang yang salat, tetapi dia lewat di belakangnya. Dahulu Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam membuat sutrah ketika safar dan ketika mukim. Beliau bersabda, “Apabila salah seorang kalian salat, salatlah menghadap sutrah dan mendekatlah.”

Jadi salat menghadap sutrah adalah sunah yang muakadah. Mendekat ke sutrah juga sunah. Namun hal ini bukan kewajiban, tetapi sunah.

المقدم: إذاً: نستطيع أن نقول: أن الإنسان إذا مد يده لمن أراد أن يمر أمامه ولا يطوله إلا بخطى، فإنه في …..
الشيخ: هذا معفو عنه في أصح الأقوال. نعم.

Sumber: https://binbaz.org.sa/fatwas/4466/%D8%AD%D9%83%D9%85-%D8%A7%D9%84%D9%85%D8%B1%D9%88%D8%B1-%D8%A8%D9%8A%D9%86-%D9%8A%D8%AF%D9%8A-%D8%A7%D9%84%D9%85%D8%B5%D9%84%D9%8A-%D9%88%D9%85%D9%82%D8%AF%D8%A7%D8%B1-%D8%A7%D9%84%D8%B3%D8%AA%D8%B1%D8%A9

Be the first to leave a comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *