Keadaan Manusia ketika Tertimpa Musibah

ismail  

Syekh Muhammad bin Shalih Al-‘Utsaimin rahimahullah di dalam kitab Syarh Riyadhush Shalihin berkata:

لأن الإنسان عند حلول المصيبة له أربع حالات:

Sesungguhnya ketika terjadi musibah, manusia menyikapinya dengan empat keadaan:

الحالة الأولي: أن يتسخط.

والحالة الثانية: أن يصبر.

والحالة الثالثة: أن يرضي.

والحالة الرابعة: أن يشكر.

  1. Marah,
  2. Sabar,
  3. Rida,
  4. Syukur.

هذه أربع حالات تكون للإنسان عندما يصاب بالمصيبة.

Empat keadaan ini terjadi pada manusia ketika ditimpa musibah.

أما الحال الأولي: أن يتسخط إما بقلبه، أو بلسانه، أو بجوارحه.

التسخط بالقلب أن يكون في قلبه شئ على ربه من السخط والشره على الله والعياذ بالله وما أشبه، ويشعر وكأن الله قد ظلمه بهذه المصيبة.

وأما السخط باللسان فأن يدعو بالويل والثبور، يا ويلاه ويا ثبوراه وأن يسب الدهر فيؤذي الله عز وجل وما أشبه ذلك.

وأما التسخط بالجوارح: مثل أن يلطم خده أو يصقع راسه أو ينتف شعره أو يشق ثوبه وما أشبه هذا.

هذه حال السخط حال الهلعين الذين حرموا مِنَ الثواب ولم ينجوا من المصيبة بل الذين اكتسبوا الإثم، فصار عندهم مصيبتان مصيبة في الدين بالسخط، ومصيبة في الدنيا بما أتاهم مما يؤلمهم.

Keadaan pertama: Dia menyikapinya dengan kemarahan, baik dengan hati, lisan, maupun anggota badan.

Marah dengan hati bisa berupa ada perasaan marah dan tidak terima kepada Allah. Kita berlindung kepada Allah dari perasaan itu dan semacamnya. Dia juga merasa bahwa Allah telah menzaliminya dengan musibah itu.

Marah dengan lisan adalah dengan dia mengucapkan ungkapan kekecewaan, seperti: Sial! Celaka! Atau dia mencela masa sehingga dia menyakiti Allah. Atau ungkapan-ungkapan semisal itu.

Marah dengan anggota badan semisal menampar pipinya, memukul kepalanya, menjambak rambutnya, merobek bajunya, atau perbuatan semacam itu.

Sikap marah ini adalah keadaan orang yang pesimis. Yaitu orang-orang yang diharamkan dari pahala dan tidak lulus dari ujian musibah. Bahkan mereka adalah orang-orang yang mendapatkan dosa. Akibatnya mereka mendapat dua musibah. Musibah dalam agama dengan sikap marah dan musibah di dunia berupa musibah yang menyakiti mereka.

أما الحال الثانية: فالصبر على المصيبة بأن يحبس نفسه، هو يكره المصيبة، ولا يحبها، ولا يحب أن وقعت، لكن يصبر نفسه؛ لا يتحدث باللسان بما يسخط الله، ولا يفعل بجوارحه ما يغضب الله، ولا يكون في قلبه شيء على الله أبدا، فهو صابر لكنه كاره لها.

Adapun keadaan kedua adalah sabar menghadapi musibah. Yaitu dengan mengekang jiwanya. Dia membenci musibah itu dan tidak mencintainya. Dia tidak mencintai musibah itu terjadi, namun dia menyabarkan dirinya. Dia tidak mengucapkan dengan lisannya ucapan yang dimurkai oleh Allah. Dia tidak berbuat dengan anggota badannya perbuatan yang dimurkai oleh Allah. Tidak pula ada di hatinya hal yang mengganjal terhadap Allah selama-lamanya. Jadi dia adalah orang yang sabar akan tetapi membenci musibah itu.

والحال الثالثة: الرضا بأن يكون الإنسان منشرحا صدره بهذه المصيبة ويرضى بها رضاء تامًا وكأنه لم يصب بها.

Keadaan ketiga adalah rida. Yaitu seseorang merasa lapang dada dengan musibah ini, rida dengan keridaan yang sempurna, dan seakan-akan dia tidak ditimpa musibah tersebut.

والحال الرابعة: الشكر فيشكر الله عليها وكان الرسول ﷺ إذا رأى ما يكره قال الحمد لله على كل حال.

فيشكر الله من أجل أن الله يرتب له من الثواب على هذه المصيبة أكثر مما أصابه.

Keadaan empat adalah bersyukur. Dia bersyukur kepada Allah atas musibah itu. Rasulullah—shallallahu ‘alaihi wa sallam—apabila melihat sesuatu yang tidak disukainya, beliau mengucapkan, “Segala puji bagi Allah pada setiap keadaan.”

Jadi seseorang hendaknya bersyukur kepada Allah karena Allah akan membalasnya dengan pahala atas musibah ini lebih banyak daripada (kerugian akibat) musibah yang menimpanya.

Be the first to leave a comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *