Al-Imam Al-‘Allamah Muhammad bin ‘Ali Asy-Syaukani rahimahullah (wafat tahun 1250 H) di dalam kitab Ad-Durar Al-Bahiyyah berkata,
إِنَّمَا يَثۡبُتُ حُكۡمُهُ بِخَمۡسِ رَضَعَاتٍ مَعَ تَيَقُّنِ وُجُودِ اللَّبَنِ، وَكَوۡنِ الرَّضِيعِ قَبۡلَ الۡفِطَامِ
Susuan yang menyebabkan hukum mahram hanyalah dengan lima susuan dengan keyakinan adanya air susu, serta anak disusui ketika sebelum disapih.
Al-Imam Al-‘Allamah Muhammad bin ‘Ali Asy-Syaukani rahimahullah (wafat tahun 1250 H) di dalam kitab Ad-Darari Al-Mudhiyyah berkata:
وَأَمَّا اعۡتِبَارُ كَوۡنِ الرَّضِيعِ قَبۡلَ الۡفِطَامِ، فَلِحَدِيثِ أُمِّ سَلَمَةَ عِنۡدَ التِّرۡمِذِيِّ وَصَحَّحَهُ وَالۡحَاكِمِ أَيۡضًا وَصَحَّحَهُ قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللهِ ﷺ: (لَا يُحَرِّمُ مِنَ الرَّضَاعِ إِلَّا مَا فَتَقَ الۡأَمۡعَاءَ فِي الثَّدۡيِ، وَكَانَ قَبۡلَ الۡفِطَامِ).
Adapun patokan bahwa anak yang disusui adalah sebelum disapih, maka hal itu berdasarkan hadis Ummu Salamah riwayat At-Tirmidzi dan dinilai sahih oleh beliau. Juga riwayat Al-Hakim dan dinilai sahih oleh beliau. Beliau berkata: Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Susuan tidaklah menyebabkan hubungan mahram kecuali air susu di payudara yang membuka rongga usus (mengenyangkan perut) dan dilakukan sebelum penyapihan.”[1]
وَأَخۡرَجَ سَعِيدُ بۡنُ مَنۡصُورٍ، وَالدَّارُقُطۡنِيُّ، وَالۡبَيۡهَقِيُّ، وَابۡنُ عَدِيٍّ مِنۡ حَدِيثِ ابۡنِ عَبَّاسٍ قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللهِ ﷺ: (لَارَضَاعَ إِلَّا مَاكَانَ فِي الۡحَوۡلَيۡنِ). وَقَدۡ صَحَّحَ الۡبَيۡهَقِيُّ وَقۡفَهُ، وَرَحَّجَهُ ابۡنُ عَدِيٍّ، وَابۡنُ كَثِيرٍ.
Sa’id bin Manshur, Ad-Daruquthni, Al-Baihaqi, dan Ibnu ‘Adi mengeluarkan riwayat dari hadis Ibnu ‘Abbas. Beliau mengatakan: Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Tidak ada susuan (yang menyebabkan hubungan mahram) kecuali yang dilakukan dalam jangka umur dua tahun.” Al-Baihaqi menilai sahih ke-mauquf-an hadis tersebut. Ibnu ‘Adi dan Ibnu Katsir menilainya kuat.
وَأَخۡرَجَ أَبُو دَاوُدَ الطَّيَالِسِيُّ مِنۡ حَدِيثِ جَابِرٍ، عَنِ النَّبِيِّ ﷺ قَالَ: (لَا رَضَاعَ بَعۡدَ فِصَالٍ، وَلَا يُتۡمَ بَعۡدَ احۡتِلَامٍ). وَقَدۡ قَالَ الۡمُنۡذِرِيُّ: إِنَّهُ لَا يَثۡبُتُ.
Abu Dawud Ath-Thayalisi mengeluarkan riwayat dari hadis Jabir, dari Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam. Beliau bersabda, “Tidak ada susuan (yang menyebabkan mahram) setelah penyapihan dan tidak ada yatim setelah mimpi basah.” Al-Mundziri berkata: Sesungguhnya riwayat ini tidak sabit.
وَفِي الصَّحِيحَيۡن وَغَيۡرِهِمَا مِنۡ حَدِيثِ عَائِشَةَ قَالَتۡ: (لَمَّا دَخَلَ عَلَىَّ رَسُولُ اللهِ ﷺ وَعِنۡدِي رَجُلٌ، فَقَالَ: مَنۡ هَٰذَا؟ قُلۡتُ: أَخِي مِنَ الرَّضَاعَةِ، قَالَ: يَا عَائِشَةُ انۡظُرۡنَ مَنۡ إِخۡوَانُكُنَّ؟ فَإِنَّمَا الرَّضَاعَةُ مِنَ الۡمَجَاعَةِ).
Di dalam dua kitab Shahih dan selain keduanya, dari hadis ‘Aisyah. Beliau mengatakan: Ketika Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam masuk ke tempatku dalam keadaan di dekatku ada seorang pria, beliau bertanya, “Siapa ini?” Aku menjawab, “Saudara sesusuanku.” Nabi bersabda, “Wahai ‘Aisyah, telitilah siapa saudara-saudara kalian karena susuan (yang menyebabkan hubungan mahram) hanya yang disebabkan rasa lapar.”[2]
[1] HR. At-Tirmidzi nomor 1152.
[2] HR. Al-Bukhari nomor 2647, 5102, Muslim nomor 1455, dan An-Nasa`i nomor 3312.
Be the first to leave a comment